TREN TEKNOLOGI

Cara Menyajikan Katalog Belanja di WhatsApp Business

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Sabtu, 24/10/2020 08:56 WIB
WhatsApp Business telah meluncurkan fitur belanja bagi pengguna. Berikut cara menggunakan katalog di WhatsApp Business. Cara gunakan WhatsApp Business. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp Business telah meluncurkan fitur belanja bagi pengguna di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Fitur tambahan itu diklaim untuk membantu para pelaku bisnis dan konsumen berniaga di aplikasi WhatsApp.

Tombol belanja itu akan memberi konsumen sebuah tanda bahwa suatu bisnis memiliki katalog, sehingga konsumen dapat dengan cepat dan mudah menemukan sesuatu yang mungkin ingin mereka beli.

WhatsApp hanya menyebut akan memperluas cara-cara bagi pengguna untuk melihat produk yang tersedia dan melakukan pembelian secara langsung dari chat.


Melansir laman resmi WhatsApp, Sabtu (24/10), fitur bisnis saat ini hanya tersedia untuk pengguna yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Pengguna juga tetap harus menyiapkan katalog agar tombol ini muncul.

Dengan membuat katalog, pengguna aplikasi WhatsApp Business dapat dengan mudah menampilkan dan membagikan informasi produk dan layanan mereka kepada pelanggan. Pemilik bisnis dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan ke katalog.

Cara untuk menggunakan katalog di WhatsApp Business, yakni adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Business yang ada di AppStore atau PlayStore. Setelah itu, buka aplikasi itu dan pilih Setelan untuk membuka menu Setelan bisnis.

Kemudian buka menu Katalog. Jika pengguna tidak melihat Katalog di bagian Setelen bisnis, segera perbarui aplikasi.

Setelah Katalog terbuka, pilih tambah produk atau layanan. Ketuk ikon tanda tambah untuk menambahkan gambar produk yang ingin pengguna tampilkan.

Selanjutnya, masukan nama dan deskripsi singkat untuk setiap produk. Pengguna juga dapat menyertakan tautan dan kode produk untuk membantu mengecek item di katalog. Tekan Simpan jika sudah selesai.

Setelah katalog tersedia, pengguna bisa membagikan informasi produk ke pelanggan secara langsung dari Katalog tersebut.

Ada berbagai untuk membagikan informasi produk atau layanan kepada pelanggan. Misalnya, membagikan katalog di chat individual atau grup; membagikan informasi produk atau layanan di chat individual atau grup; membagikan keseluruhan katalog melalui Manajer Katalog; dan membagikan informasi produk atau layanan tertentu melalui Manajer Katalog.

Perlu diketahui, tautan katalog dan item tidak dapat dikustomisasi sebelum dibagikan karena tautan tersebut dihasilkan secara otomatis.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK