TIPS TEKNOLOGI

Cara Menyelaraskan Konten Notes di Mac dan iPhone

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Sabtu, 31/10/2020 04:45 WIB
Cara menyelaraskan Notes dari Mac, iPhone dan iPad hanya butuh beberapa langkah. Cara menyelaraskan Notes dari Mac ke iPhone dan iPad. (Foto: Dok. Alastair Creelman via Blogspot)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap produsen gadget berinovasi untuk memudahkan penggunanya. Tak pelak teknologi ponsel dan laptop sudah sangat memudahkan penggunanya untuk penggunaan sehari-hari.

Salah satu produsen yang sangat memikirkan kenyamanan penggunanya adalah Apple. Perusahaan gadget asal Amerika Serikat ini membuat terobosan bagi pengguna iOS lewat aplikasi Notes.

Bagi kamu pengguna iOS dan memiliki produk Mac maupun iPhone tak asing lagi dengan aplikasi ini, untuk sekedar mengetik diary, catatan penting atau menyimpan janji dengan seseorang yang wajib untuk ditepati.


Kamu dapat menyelaraskan semua isi notes Mac dan iPhone atau bahkan iPad. Berikut caranya menyelaraskan isi notes Mac dan iPhone:

Pertama, kamu harus menyambungkan perangkat ke Mac menggunakan kabel USB atau USB-C. Setelah menghubungkan perangkat, ikon perangkat akan muncul di bar samping Finder dan pilih ikon tersebut. Setelah itu, dapat memilih item apa yang ingin diintegrasikan dari Mac ke iPhone.

Sebetulnya, kamu bisa membagikan Notes dari Mac ke iPhone karena Apple telah mendesain folder iCloud.

Dengan iCloud tersebut, kamu bisa menambahkan seseorang atau seluruh folder catatan. Bahkan orang-orang yang memiliki akses iCloud Notes dapat mengedit. Selama perangkat terhubung ke Internet, iCloud akan terus memperbarui catatan dan folder di semua perangkat.

Namun sebelum kamu menyelaraskan Notes dari Mac ke iPhone, harus memperbarui sistem operasi iOS. Berikut caranya:

1. Perbarui iPhone ke versi iOS terbaru dan Mac ke macOS terbaru.

2. Atur iCloud di semua perangkat.

3. Pastikan masuk ke iCloud dengan ID Apple yang sama di semua perangkat.

4. Tingkatkan versi Notes agar dapat menggunakan fitur-fitur terbaru. Semua orang yang dibagikan juga harus memperbarui sistem operasi dan Notes.

Kemudian, berikut cara menambahkan seseorang ke Notes Anda di Mac ke iPhone:

1. Buka catatan iCloud yang ingin dibagikan.

2. Ketuk atau klik tombol tambahkan kolaborator.

3. Pilih cara yang diinginkan untuk mengirim undangan. Kemudian pilih orang yang akan kamu ajak berbagi.

4. Catatan di iPhone, iPad, atau iPod touch akan otomatis dikirim berdasarkan cara kamu membagikannya. Jika menggunakan Mac, perlu mengeklik Bagikan.

5. Jika ingin menambahkan lebih banyak orang ke catatan bersama, buka catatan iCloud, ketuk tombol tambahkan kolaborator, lalu ketuk Tambahkan Orang dan ikuti langkah 3 sampai 4.

Selanjutnya berikut cara menyelaraskan seseorang ke folder Notes:

1. Buka daftar Folder.

2. Pada iPhone, iPad, atau iPod touch, geser ke kiri pada folder yang ingin dibagikan. Pada Mac, pilih foldernya.

3. Ketuk ikon kolaborator. Pada Mac, pilih opsi Folder di menu yang muncul.

4. Tambahkan orang yang ingin diajak berbagi folder. Kemudian pilih cara membagikan undangan. Catatan di iPhone, iPad, atau iPod touch akan otomatis dikirim berdasarkan cara kamu membagikannya. Jika menggunakan Mac, pengguna perlu mengeklik "bagikan".

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK