Harga Aplikasi iPhone di RI Bakal Naik, Imbas Aturan Pajak

eks, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 07:08 WIB
Apple bakal berlakukan kenaikan harga untuk aplikasi yang dijual di App Store untuk perangkat iPhone Apple bakal naikkah harga aplikasi App Store di Indonesia imbas aturan pajak baru (Splitshire)
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga pembelian aplikasi di App Store Apple untuk iPhone dan iPad di Indonesia akan naik dalam beberapa hari mendatang akibat aturan pajak baru dari pemerintah.

Apple menyebut kenaikan harga ini terjadi lantaran pemerintah Indonesia memberlakukan pajak 10 persen untuk pengembang asing. Meski demikian, Apple masih belum memberitahu kapan harga baru ini akan berlaku.

Perubahan harga ini bakal berlaku untuk pembelian aplikasi dan dalam aplikasi (in-app purchases). Tapi, Apple tidak memberi keterangan apakah kenaikan harga ini juga akan berpengaruh pada Apple Music dan iCloud.


Menurut Apple, perubahan harga ini dilakukan akibat perubahan nilai tukar mata uang lokal dan kenaikan pajak. Selain di RI, kenaikan harga ini juga akan berlaku di Brazil, Kolomia, India, Rusia, dan Afrika Selatan.

Lewat situs resmi, Apple telah memberikan pemberitahuan perubahan harga ini kepada para pengembang di situsnya. 

"Ketika pajak atau nilai tukar mata uang asing berubah, kami terkadang perlu menyesuaikan harga di App Store. Dalam beberapa hari mendatang, harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (kecuali biaya langganan yang otomatis diperbarui) di App Store di Brazil, Kolombia, India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan akan naik."

Sementara di India, kenaikan harga terjadi karena pemerintah setempat memberlakukan pungutan pemerataan sebesar 2 persen dan pajak barang dan jasa sebesar 18 persen.

Harga aplikasi juga akan disesuaikan di Islandia dan Albania. Penyesuaian dilakukan agar harga aplikasi di kedua negara ini sama dengan harga yang digunakan di negara lain yang dijual dalam dolar AS plus pajak pertambahan nilai.

Bagi pengembang aplikasi, daftar harga baru untuk berbagai negara ini bisa diakses di situs web Pengembang Apple. Sehingga, pengembang bisa melihat bagaimana dampak perubahan harga ini terhadap apliaksi mereka, seperti dilaporkan 9to5Mac

Apple memberikan laman khusus untuk memberitahu pemgembang berapa besar perubahan harga yang akan berlaku di tautan berikut. 

Pengembang bisa mengunduh grafik kenaikan harga terbaru. Setelah perubahan ini berlaku, bagian Harga dan Ketersediaan Aplikasi Saya pun akan diperbarui. Penghasilan pengembang akan disesuaikan dan dihitung berdasarkan harga sebelum pajak.

Pengembang pun masih bisa mengubah harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi. Pengembang juga masih bisa mengubah kapan saja harga langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis di App Store Connect. Pengembang juga bisa memilih untuk tetap mempertahankan harga yang lama bagi pelanggan.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK