TIPS TEKNOLOGI

Cara Blokir Nomor HP di iPhone

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 22:24 WIB
Pengguna ponsel iPhone bisa memblokir nomor telepon yang tidak dikenal. Cara memblokir nomor telepon di iPhone. (Foto: (dok. screenshot Apple))
Jakarta, CNN Indonesia --

Menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal sungguh menyebalkan. Satu peristiwa ketika menerima telepon berasal dari telemarketer suatu perusahaan untuk menawarkan pinjaman atau pembuatan kartu kredit.

Kondisi ini sangat mengusik privasi seseorang, terutama ketika kamu sedang fokus pada sesuatu dan tak mau diganggu. Bukan cuma itu, bahkan tak jarang pula kita menemui orang yang nekat mengirimkan pesan teks dengan konten mengganggu.

Untuk mengantisipasi ini adalah dengan memblokir nomor telepon tersebut. Bagi pengguna ponsel besutan Apple ada caranya.


Beruntungnya, dalam versi terbaru, mulai dari iOS 7, Apple sudah membekali fitur keamanan khusus di iPhone, iPod touch, dan iPad, untuk mengelola privasi di perangkat mereka. Pengguna bisa memblokir nomor telepon spesifik yang biasa masuk ke SMS regular atau iMessages.

Di iOS sudah ditetapkan pengaturan yang bisa diimplementasikan untuk memblokir nomor telepon. Berikut cara untuk memblokir nomor hp di iPhone.

Memblokir nomor di iPhone bisa dibilang cukup mudah. Misal ada nomor yang tidak dikenal, ketuk ikon 'i' di sebelah nomor telepon yang ingin kamu blokir. Gulir ke bawah dan pilih 'Block this Caller' untuk menyelesaikan proses blokir, seperti dikutip

Jika ingin secara otomatis membungkam panggilan yang tidak diinginkan dari penelepon yang tidak kenal, berikut caranya seperti dilansir The Next Web:

1. Pilih Pengaturan (Settings)

2. Klik Telepon (Phone) dan aktifkan Senyapkan Penelepon Tidak Dikenal (Silence Unknown Callers), opsi ini akan mengirim panggilan dari nomor telepon yang tidak ada di kontak Anda langsung ke pesan suara.

Pesan pendek atau SMS memang telah melewati masa kejayaannya. Sudah jarang orang yang berkomunikasi dengan menggunakan fitur satu ini. Namun tidak bagi perusahaan periklanan yang mempromosikan produk-produk mereka.

Sayangnya tidak hanya satu atau dua kali, namun kerap kali beragam SMS promosi tidak penting yang masuk ke ponsel kita. Menjengkelkan memang, maka dari itu ada baiknya memblokir SMS dari nomor yang kerap mengirim spam semacam ini.

Berdasarkan laman resmi Apple, pengguna tidak hanya bisa memblokir nomor yang tidak dikenal tetapi Anda juga bisa mengelola fitur FaceTime, Pesan, dan email. Caranya:

FaceTime

1. Buka Pengaturan atau Settings.

2. Lalu pilih FaceTime.

3. Di bawah panggilan FaceTime, klik kontak yang ingin diblokir.

Messages atau Pesan

1. Buka Pengaturan atau Settings.

2. Pilih Pesan atau Messages.

3. Di bawah opsi SMS atau MMS klik Blokir Kontak atau Blocked Contacts.

Email

1. Buka Pengaturan atau Settings.

2. Pilih Mail.

3. Di bawah Threading klik Blokir atau Blocked.

Saat memblokir nomor telepon atau kontak, mereka masih dapat meninggalkan pesan suara, namun kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan. Pesan yang dikirim atau diterima tidak akan terkirim. Selain itu, kontak tidak akan mendapatkan pemberitahuan bahwa panggilan atau pesan telah diblokir.

Saat memblokir alamat email dari Mail, alamat tersebut akan dialihkan ke folder tong sampah. Pemblokiran email dapat dilakukan di seluruh perangkat Apple.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK