Layar Ceramic Shield iPhone 12 Diklaim Sulit Dihancurkan

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 16:56 WIB
Perusahaan asuransi Allstate mengklaim layar Ceramic Shield yang digunakan iPhone 12 sulit dihancurkan. Ilustrasi iphone 12. (dok. screenshot Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan asuransi Allstate menyatakan layar smartphone iPhone 12 merupakan layar smartphone paling kuat yang pernah diuji. Perusahaan itu menilai layar Ceramic Shield yang digunakan iPhone 12 sulit dihancurkan.

Allstate menemukan fakta itu setelah menguji iPhone 12 melalui tes jatuh yang dapat merusak, termasuk menjatuhkannya seluruh bagian ponsel di trotoar kasar dari ketinggian enam kaki.

Melansir CNN, Allstate menemukan bahwa desain datar iPhone 12 dan iPhone 12 Pro tampaknya meningkatkan daya tahan ponsel saat bagian belakang dijatuhkan. Tapi itu tidak berarti kedua model itu tahan pecah.


IPhone 12 Pro bernasib lebih buruk daripada iPhone 12, dalam hal kerusakan kaca. IPhone 12 Pro hancur ketika bagian belakang jatuh lebih dahulu, sementara iPhone 12 hampir tidak ada kerusakan.

Saat bagian depan dijatuhkan, iPhone 12 Pro retak di paruh bawah layar pelindung. IPhone 12 hanya mengalami retakan kecil.

Allstate menyimpulkan bahwa performa kedua perangkat jauh lebih baik daripada model sebelumnya, yakni iPhone 11.

Melansir 9to5mac, iPhone 12 jauh lebih baik dari Samsung Galaxy s20. Dalam tes jatuh yang sama, Allstate menyebut Galaxy S20, S20+, dan S20 Ultra 5G hancur atau memiliki retakan yang signifikan saat bagian depan atau belakangnya jatuh dari jarak enam kaki.

Beberapa tes itu juga membuat Galaxy S20 benar-benar tidak berfungsi, sementara model iPhone 12 terus berfungsi bahkan jika layarnya retak atau pecah.

Meski demikian, pengguna disarankan tidak cerobih dalam menggunakan iPhon 12. Sebab, memperbaiki layar iPhone 12 atau 12 Pro yang rusak akan menelan biaya US$279 atau Rp4 juta. Jika membayar asuransi AppleCare+ hanya US$29 atau Rp424 ribu.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK