TIPS OTOMOTIF

Jangan Anggap Sepele, Rawat Wiper Sebelum Liburan

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 13:25 WIB
Wiper terkadang hanya diingat saat musim hujan, padahal komponen mobil ini penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Ilustrasi wiper mobil. (iStockphoto/Supersmario)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perawatan penyapu kaca alias wiper pada mobil terkadang hanya teringat saat mulai musim hujan. Hal ini cukup wajar di kalangan pengguna, namun belum terlambat jika dilakukan sekarang sebelum berkendara saat liburan Oktober 2020.

Wiper bertugas untuk menyingkirkan air, debu, dan kotoran apapun di kaca depan. Barang ini secara umum terdiri dua bagian, yakni tangkai besi dan karet.


Perawatan tangkai besi bisa dimulai dari bagian bergerak atau engsel di area poros. Caranya dengan memberikan pelumas biar gerakannya tetap lancar.


Komponen karet yang bersentuhan langsung dengan kaca juga mesti dicek berkala. Seiring waktu karet bisa mengering dan pecah, posisinya yang terpapar Matahari terus-terusan bisa mempercepat proses itu.

Jika karet sudah getas fungsinya menyapu akan berkurang, bila retak atau pecah memungkinkan kotoran tersangkut dan akhirnya menggores kaca. Jika goresan di kaca sering terjadi hingga cukup dalam bisa sulit diperbaiki.

Tips agar karet wiper awet yakni mengangkatnya saat parkir di area terbuka dan panas. Cara ini bisa mengurangi panas kaca merambat ke karet.

Tips lainnya yaitu jangan mengelap karet saat mencuci mobil sebab bisa membuatnya kering. Menurut Auto2000 karet wiper memiliki cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab.

Cara tepat membersihkan karet wiper yakni dengan disiram menggunakan air bersih dan dibiarkan mengering sendiri.

Sama seperti komponen mobil lainnya wiper juga punya batas waktu usia pakai, yakni sekitar satu tahun. Penggantian wiper bisa dilakukan sebagian, misalnya hanya karet atau tangkai besinya saja.


Bagian pendukung wiper lainnya adalah cairan pembersih. Sering kali pengguna mobil hanya menambahkan air di tabung penyimpanan, namun sebenarnya pembersihan kaca oleh wiper membutuhkan cairan khusus.

Saat sedang menyapu kaca cairan pembersih membantu gerakan tetap licin, hal ini tidak terlalu optimal bila hanya menggunakan air.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK