Jaringan Operator Pulih Usai Terdampak Pemadaman Listrik

CNN Indonesia | Minggu, 01/11/2020 17:00 WIB
Sejumlah jaringan operator seluler berangsur pulih usai terdampak pemadaman listrik di Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (1/11) siang. Ilustrasi. Jaringan operator berangsur pulih usai terdampak pemadaman listrik. (Foto: (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Operator seluler mengakui pemadaman listrik PLN di sejumlah wilayah di Jabodetabek berdampak pada penurunan kualitas sinyal pada Minggu (1/11).

Pemadaman listrik berimbas pada gangguan pasokan listrik di beberapa lokasi menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS).

VP Head of Strategic Communications Indosat, Adrian Prasanto menjelaskan, saat ini BTS yang terkena imbas pasokan listrik telah berangsur pulih. Indosat juga akan terus memantau kualitas jaringan selulernya.


"Saat ini kondisi sudah berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal. Kami terus melakukan pemantauan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan telekomunikasi kami," kata Adrian saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (1/11).

Terpisah, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih juga mengungkap pemadaman listrik berdampak pada kualitas sinyal XL Axiata khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Tri menyatakan tim XL langsung melaksanakan langkah-langkah penanganan secara darurat, termasuk mengerahkan genset guna menjaga operasional BTS di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

XL juga melakukan rekayasa jaringan untuk backup jaringan yang terdampak.

"Hasilnya saat ini semua jaringan, 2G/3G/4G, sebagian besar telah berangsur pulih. Pengecekan jaringan masih terus kami lakukan, dan tim kami tetap bersiaga mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi berikutnya," ujar Tri.

Senada dengan Tri, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengungkap pemadaman listrik berdampak pada turunnya kualitas jaringan Telkomsel.

Denny menyatakan saat ini kondisi jaringan dan layanan Telkomsel mulai berangsur pulih seiring dengan sudah pulihnya pasokan listrik di sebagian besar lokasi.

"Kami juga senantiasa akan terus memastikan back up power/ pasokan listrik cadangan berfungsi di perangkat jaringan kami," tutur Denny.

Denny memastikan Telkomsel terus monitor secara berkala untuk kondisi perangkat jaringan dan memastikan layanan tetap berjalan normal.

Sebelumnya, sejumlah pengguna ponsel mengeluhkan sinyal buruk sejak hujan deras mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya Minggu siang tadi.

Kondisi diperparah dengan pemadaman listrik PLN di sejumlah daerah di Jakarta, Depok, dan Bogor.

(psp/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK