WhatsApp Rilis Fitur Atur Penyimpanan Data, Bisa Hemat Memori

CNN Indonesia | Selasa, 03/11/2020 19:03 WIB
Fitur baru WhatsApp itu akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten secara sekaligus. Ilustrasi fitur baru WhatsApp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp akan merilis secara global fitur Storage Management (Manajemen Penyimpanan Data) pada pembaruan aplikasi pekan ini. Fitur itu diklaim akan memudahkan pengguna ponsel untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten di WhatsApp secara sekaligus.

WhatsApp berharap fitur itu dapat menghemat memori ponsel pengguna sehingga ponsel pengguna tidak terhambat akibat kepenuhan memori.

Dalam operasionalnya, WhatsApp akan fitur akan mengelompokkan dokumen berukuran besar dan media yang telah diteruskan berkali-kali.


Fitur itu juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil.

Selain itu, pengguna dapat melihat preview dokumen sebelum menghapusnya. Pengguna pun dapat meninjau media yang ada sebelum memilih sebuah file atau lebih untuk dihapus.

"Ketika sudah tersedia, pengguna dapat menggunakan fitur tersebut dengan membuka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Kelola Penyimpanan," kata WhatsApp dalam pesan tertulis kepada CNNIndonesia.com, Selasa (3/11).

[Gambas:Youtube]

Melansir Iphone Hacks, fitur itu akan merinci berbagai obrolan dan file media menghabiskan ruang penyimpanan di perangkat pengguan. Fitur baru ini juga memberi tahu pengguna sekilas tentang jumlah ruang yang tersedia di perangkat mereka.

WhatsApp juga sedang mengerjakan opsi 'Hapus semua kecuali pesan berbintang' baru yang memungkinkan pengguna menghapus semua pesan dalam obrolan kecuali yang berbintang.

Fitur itu masih dalam pengembangan dan belum ada kejelasan kapan WhatsApp akan merilisnya ke publik.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK