Netizen Ribut Trump atau Biden Jadi Menhan Jika Kalah Pilpres

CNN Indonesia | Rabu, 04/11/2020 15:11 WIB
Teringat kasus Jokowi-Prabowo netizen riuh membahas Trump atau Biden yang akan menjadi Menteri Pertahanan usai kalah pilpres AS 2020. Ilustrasi Trump dan Biden di pilpres AS 2020. (JIM WATSON and MANDEL NGAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua kandidat yang bersaing ketat dalam Pemilihan Presiden atau pilpres Amerika Serikat (AS) 2020, Joe Biden dan Donald Trump sama-sama mengklaim akan menang.

Klaim tersebut membuat netizen riuh. Beberapa warganet mengaku teringat dengan klaim kemenangan dua kubu peserta pilpres 2019 lalu di Indonesia. Kala itu, petahana Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subinato juga sama-sama mengklaim menang.

Namun usai KPU menetapkan Jokowi sebagai pemenang pilpres, sang rival Prabowo diangkat menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Kejadian itu yang menjadi bahan lelucon warganet di kasus pemilu AS 2020.


Menurut warganet, saat Trump ditetapkan menjadi pemenang pilpres, sang lawan Joe Biden juga akan diangkat menjadi Menhan, ataupun sebaliknya. Imbas kelakar netizen itu, kata kunci Menhan menjadi topik terpopuler di Twitter Indonesia.

Salah satu kelakar itu dikicaukan oleh @faizalbasss.

"Menunggu momen biden sujud syukur bareng pendukungnya, terus diangkat jadi menhan usa," kicau akun Faizal Basith.

Hal yang sama juga dicuitkan @_fatikarhm.

"Seperti flashback pemilu Indo 2019, terus habis itu salah satunya ada yg jadi Menhan," kicau mba Fat.

Namun, beberapa netizen juga yakin jika Biden yang menjadi Presiden AS baru dan Trump menjadi Menteri Pertahanan di kabinet selanjutnya.

"Kita tunggu saja siapa yang akan menjadi Menhan trump kah? Atau Biden," kicau @IbrahimSukardi.

"Saya prediksi Trump akan jadi Menhan nya Biden," kicau @capres2024_id.

Ada juga yang menyindir selain berebut menjadi Menhan, beberapa tim relawan capres AS akan berebut mengincar posisi komisaris di badan usaha Amerika Serikat.

"Kalo mamang Trump menang Pilpers America, mamang Biden jadi Menhan, timsesnya jadi menteri relawannya jadi komisaris! Ok fix amrik mah gada lawan," kicau @kebabturkey_

Ada juga netizen yang membagikan foto Meme Trump atau Biden yang menggunakan peci hitam usai salah satunya menjadi Menhan Amerika Serikat.

Trump dan Biden diperkirakan tidak ada yang menang mutlak atau dengan selisih perolehan suara cukup besar di pilpres AS 2020.

Menurut Koresponden Politik CNN, Dana Bash, persaingan ketat pemilihan presiden Amerika Serikat di negara bagian Florida menjadi pertanda awal bahwa baik Partai Republik yang mendukung Trump maupun Partai Demokrat yang mengusung Biden tidak akan menang secara mutlak.

Hasil sementara pilpres AS versi Associated Press menunjukkan pasangan Joe Biden dan Kamala Harris unggul dengan meraih 225 suara elektoral. Sedangkan pasangan petahana Donald Trump-Mike Pence terpantau mengantongi 213 suara elektoral.

Sedangkan menurut versi penghitungan CNN, Biden meraih 220 suara elektoral, sedangkan Trump meraih 213 suara elektoral. Untuk memenangkan pilpres AS, setiap kandidat harus meraih 270 suara elektroral dari 538 yang diperebutkan.

(dal/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK