TIPS OTOMOTIF

Aturan Main Sederhana Berkendara Mobil Saat Hujan

fea, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 19:12 WIB
Berkendara saat hujan butuh persiapan diri, kendaraan, dan aturan main selama berkendara. Ilustrasi berkendara saat hujan. (CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengemudi saat hujan tak boleh dianggap sepele, dalam kondisi ini pengemudi butuh keahlian lebih, konsentrasi penuh, dan kesiapan kendaraan. Mengingat di beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami curah hujan tinggi, ada baiknya kita tengok lagi apa saja yang dibutuhkan agar berkendara tetap aman.

Menurut Astra Daihatsu Motor, persiapan berkendara menghadapi hujan mesti dimulai dari diri sendiri. Berikut ulasannya:

Persiapan Diri

- Sebelum mengemudi, pastikan kondisi kesehatan tubuh prima.
- Sediakan payung untuk persiapan beraktivitas setelah turun dari mobil.
- Membawa atau menggunakan baju hangat, menyediakan alas kaki cadangan.


Persiapan Kendaraan

- Periksa kondisi ban, jika sudah aus lebih baik diganti. Tapak ban yang masih bagus membantu terhindar dari aquaplaning dan selip.
- Periksa wiper, komponen ini penting buat menjaga visibilitas di kaca depan. Jika bagian karet sudah mulai getas ada baiknya diganti.
- Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi baik sebagai persiapan berkendara dalam kondisi gelap saat hujan atau pada malam hari.

Selama Berkendara

- Pengemudi diimbau menyalakan lampu saat hujan deras untuk membantu penerangan sekaligus bentuk komunikasi dengan pengguna jalan lain. Lampu rem di belakang yang menyala saat lampu depan on juga membantu memberikan sinyal keberadaan mobil kita.
- Menjaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain merupakan tindakan bijak saat hujan, ini untuk berjaga-jaga butuh manuver cepat buat menghindari kontak dengan kendaraan lain.
- Tidak diimbau menggunakan lampu hazard saat hujan sebab dapat mengganggu konsentrasi pengguna kendaraan lain, terutama di belakang.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK