WhatsApp Rilis Fitur Bisa Transfer Uang, Sudah Ada di India

CNN Indonesia | Selasa, 10/11/2020 12:21 WIB
WhatsApp resmi meluncurkan fitur kirim uang yang memungkinkan transaksi ke lebih dari 160 bank yang menjadi partner WhatsApp. Ilustrasi transaksi uang di WhatsApp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Layanan pesan instan populer WhatsApp, hari ini resmi meluncurkan fitur kirim uang melalui platform mereka di India.

Dilansir dari laman resminya, WhatsApp merancang fitur pembayaran tersebut bekerja sama dengan National Payments Corporation of India (NPCI) menggunakan Unified Payment Interface (UPI).

"Mulai hari ini, masyarakat di seluruh India dapat mengirim uang melalui WhatsApp," tulis tim WhatsApp.


"Pengalaman pembayaran yang aman ini membuat transfer uang semudah mengirim pesan. Orang dapat dengan aman mengirim uang kepada anggota keluarga atau berbagi biaya jarak jauh tanpa harus menukar uang tunai secara langsung atau pergi ke bank lokal," tambah mereka.

Dengan menggunakan sistem UPI, memungkinkan transaksi lebih dari 160 bank yang merupakan partner WhatsApp.

Untuk mengirim uang, Anda harus memiliki rekening bank dan kartu debit di India. WhatsApp mengirimkan instruksi ke bank yang telah disusupi sistem UPI.

Saat ini, WhatsApp di India bekerja sama dengan lima bank yaitu ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, State Bank of India, dan Jio Payments Bank.

"Dalam jangka panjang, kami percaya kombinasi WhatsApp dan arsitektur unik UPI dapat membantu organisasi lokal mengatasi beberapa tantangan utama di zaman sekarang, termasuk meningkatkan partisipasi pedesaan dalam ekonomi digital," kata WhatsApp.

Pembayaran dirancang dengan seperangkat prinsip keamanan dan privasi yang kuat, termasuk memasukkan PIN UPI pribadi untuk setiap pembayaran.

Pembayaran di WhatsApp tersedia di sistem operasi Android dan iPhone versi terbaru.

(din/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK