Mazda3 Edisi Spesial 100 Tahun Dijual di RI, Cuma 20 Unit

fea, CNN Indonesia | Rabu, 11/11/2020 14:58 WIB
Eurokars Motor Indonesia berharap Mazda3 100th Anniversary Special Edition menjadi mobil incaran para kolektor. Mazda 100th Anniversary Special Edition. (Mazda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Eurokars Motor Indonesia (EMI) ikut menandai perayaan 100 tahun Mazda dengan meluncurkan mobil baru edisi khusus 100th Anniversary Special Edition. Dari sekian banyak model edisi khusus jenis ini EMI memilih menawarkan Mazda3 hatchback untuk dijual di dalam negeri.

Mazda menawarkan paket 100th Anniversary Special Edition pada Mazda2, Mazda3 sedan, Mazda3 hatchback, MX-5, CX-3, CX-30, CX-5, CX-8, dan Mazda6. Semua model hanya tersedia warna putih (snow flake white pearl) dengan interior burgundy untuk merepresentasikan R360 Coupe, mobil penumpang pertama Mazda yang lahir pada 1960.

100th Anniversary Special EditionDeretan mobil Mazda 100th Anniversary Special Edition. (Mazda)

Mazda3 100th Anniversary Special Edition resmi diluncurkan di Indonesia pada Rabu (11/11) melalui peluncuran virtual. Mobil ini hanya dijual 20 unit, EMI mengatakan ingin membuatnya sebagai simpanan kolektor sebab itu kuota impor tak akan ditambah.


Harga mobil ini Rp533,8 juta, itu lebih mahal Rp25 juta dari Mazda3 hatchback normal. Distribusi unit disebut dilakukan mulai hari ini.

Head of Department Public Relations and Media Communications EMI Fedy Dwi Parileksono menjelaskan perusahaan memilih Mazda3 hatchback sebagai satu-satunya model 100th Anniversary Special Edition karena statusnya sebagai model pertama yang memasuki desain generasi ketujuh pada deretan mobil-mobil Mazda.

"Karena kita melihat Mazda3 adalah model spesifik, kalau Mazda2 jumlahnya banyak, Miata [MX-5] justru jumlahnya terlalu sedikit, takutnya agak kurang dikenal," ucap Fedy.

Pembeli Mazda3 100th Anniversary Special Edition bakal mendapatkan suasana perayaan 100 tahun Mazda yang awalnya berdiri sebagai produsen tutup botol anggur pada 1920. Mobil ini punya berbagai logo 100 tahun pada fender depan kanan dan kiri, dop pelek, sandaran kepala, karpet, dan fob kunci.

Fedy mengatakan Mazda secara global tidak menjadikan edisi spesial ini sebagai model terbatas. Namun dia menyebut yang dibatasi adalah waktu produksi.

"Mazda masih membuka pabrik untuk model ini sampai Maret 2021. Kalau misalnya ada negara lain [memesan] itu silakan, tapi khusus Indonesia hanya 20 unit, kenapa? karena kita ingin unit ini menjadi barang incaran kolektor," jelas Fedy.

Aksesori Mazda3 100th Anniversary Special Edition juga dikatakan tidak bisa dipesan sembarang orang sebab membutuhkan nomor sasis sebagai bukti kepemilikan. Hal ini bisa menggugurkan peluang pemilik Mazda3 standar yang ingin ikutan pakai emblem edisi spesial.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK