Fitur Baru Whatsapp Pesan Hilang Otomatis 7 Hari Tiba di RI

CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 16:30 WIB
Fitur baru Whatsapp berupa pesan hilang otomatis dalam 7 hari sudah hadir ke sebagian pengguna pesan instan itu di Indonesia. Ilustrasi. Fitur baru Whatsapp pesan bisa hilang otomatis dalam 7 hari sudah tiba di Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian pengguna WhatsApp di Indonesia sudah mendapat pembaruan fitur baru pesan hilang otomatis setelah tujuh hari.

Dilaporkan, pembaruan ini sudah diterima oleh pengguna iOS dan Android. Ikhsan, seorang pengguna Whatsapp untuk perangkat iOS telah mendapat pembaruan tersebut.

"Tadi saya tiba-tiba dapat notifikasi bisa aktifkan pesan hilang dalam tujuh hari pas lagi pakai Whatsapp. Itu sekitar pukul 12.11 WIB, langsung saya oke aja," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/11).


"Ternyata ga cuma bisa dipakai di handphone, bisa setting juga di desktop. Kalau jadi admin grup, bisa atur juga diaktifkan atau tidak pesan hilang dalam tujuh hari di grup Whatsapp," tambahnya lagi.

Pesan otomatis hilang di whatsappPesan otomatis hilang di whatsapp hadir bagi pengguna Indonesia (Tangkapan Layar whatsapp)

Netizen juga melaporkan mereka sudah mendapat pembaruan pesan yang bisa diatur untuk menghilang otomatis setelah tujuh hari itu. Akun @zizigom_, pengguna Whatsapp di perangkat iOS pun membagikan tangkapan layar kalau ia sudah mendapat pembaruan tersebut.



Sementara pengguna Android @banyuvisandip melaporkan sudah mendapatkan pembaruan itu juga.



Sebelumnya, dilaporkan Whatsapp telah meluncurkan fitur pesan hilang otomatis dalam tujuh hari ke seluruh dunia secara berkala. Namun, akun WABetaInfo melaporkan fitur ini masih dalam tahap uji coba sehingga baru bisa digunakan untuk pengguna Beta.



Tapi, nyatanya fitur ini sudah tersedia kepada pengguna yang bukan masuk ke dalam penguji beta Whatsapp.

"Saya ngga ikutan Whatsapp Beta," tutur Ikhsan lagi saat ditanya.

Pesan hilang otomatis ini berlaku untuk pesan personal atau grup, baik teks, video dan foto. Untuk grup, hanya admin yang bisa mengaktifkan pilihan fitur pesan otomatis hilang tersebut.

Cara mengaktifkannya sangat mudah. Cukup masuk ke grup dan ketuk foto profil paling atas setelah itu arahkan layar ke bawah. WhatsApp menyediakan fitur whatsapp disappearing messages di atas fitur Encryption. Setelah itu sentuh bagian tersebut dan muncul pilihan on atau off.

Bila kamu pilih on, maka pesan dipastikan akan menghilang otomatis setelah 7 hari terkirim meski pesan itu sudah dibaca atau belum oleh penerima.

Apabila ingin mencobanya pada pesan personal juga bisa dengan cara yang sama persis yaitu, pilih teman, ketuk foto profilnya dan akan muncul whatsapp disappearing messages pada layar kamu. Ketuk dan akan muncul pilihan on atau off.

Berdasarkan keterangan WhatsApp, pesan WhatsApp yang masuk akan hilang dalam waktu 7 hari. Pengguna WhatsApp di Indonesia diprediksi akan bisa memanfaatkan fitur ini dalam beberapa hari ke depan.

(ikh/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK