TIPS TEKNOLOGI

Cara Deteksi Foto Editan

CNN Indonesia | Sabtu, 14/11/2020 15:00 WIB
Empat website gratis yang dapat digunakan sebagai cara untuk mendeteksi foto editan. Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dengan semakin populernya media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, informasi dengan foto palsu mudah menyebar. Namun ada cara untuk mendeteksi foto editan.

Foto digital lebih terintegrasi dengan komunikasi dibanding sebelumnya dan ketersediaan alat pengeditan manipulasi foto semakin luas.

Berikut empat website gratis yang dapat digunakan sebagai cara untuk mendeteksi foto editan.


1. FotoForensics

FotoForensics menggunakan algoritme canggih untuk memecahkan kode kemungkinan manipulasi gambar. 

Pengelola menggunakan Error Level Analysis (Analisis Tingkat Kesalahan/ELA) untuk mengidentifikasi area dalam gambar yang berada pada tingkat kompresi berbeda.

Dengan gambar JPEG, keseluruhan gambar harus memiliki tingkat kesalahan yang kira-kira sama. Jika suatu bagian gambar berbeda pada tingkat kesalahan yang sangat berbeda, kemungkinan itu menunjukkan adannya modifikasi digital.

FotoForensics bertujuan untuk menyederhanakan proses evaluasi, ia bekerja seperti mikroskop, seperti dilansir Science Alert.

2. JPEGsnoop 

JPEGsnoopadalah aplikasi gratis buatan Windows yang memeriksa dan menerjemahkan detail dalam file JPEG, MotionJPEG AVI, dan Photoshop.

Aplikasi ini juga dapat menganalisis sumber gambar untuk menguji keasliannya, menurut Gecko and Fly.

Melansir Gecko and Fly, JPEGsnoop melaporkan sejumlah besar informasi termasuk matriks tabel kuantisasi, subsampling chroma, perkiraan pengaturan kualitas JPEG, pengaturan resolusi JPEG, tabel Huffman, metadata EXIF, Makernotes, hitogram RGB dan lainnya.

3. Ghiro

Ghiro adalah perangkat lunak open source untuk foto digital dan forensik.

Analisis forensik sepenuhnya otomatis, data laporan dapat dicari atau digabungkan dalam perspektif yang berbeda.

Ghiro dirancang untuk membantu Anda dan tim dalam proses menganalisis sejumlah besar gambar dan telah menjadi alat penting di laboratorium forensik.

4. Forensically

Forensik adalah seperangkat alat gratis untuk forensik gambar digital. Ini termasuk deteksi klon, analisis tingkat kesalahan, ekstraksi meta data dan banyak lagi.

Alat ini membantu Anda untuk melihat detail yang seharusnya disembunyikan. 

Seperti kaca pembesar, kaca pembesar tidak dapat membedakan yang benar dari yang salah atau yang baik dari yang jahat, tetapi mungkin membantu Anda sebagai cara untuk mendeteksi foto editan.

(din/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK