TIPS TEKNOLOGI

Cara Manfaatkan HP Jadul, Kamera Intai hingga DIY Go Pro

CNN Indonesia | Minggu, 15/11/2020 13:01 WIB
HP jadul masih bisa dimanfaatkan kembali mulai dari kamera pengintai hingga Go Pro DIY. Ilustrasi (Freestocks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbicara soal hp (handphone) jadul yang sudah lama, sebetulnya masih bisa dimanfaatkan dengan baik.

Ada beberapa cara untuk memanfaatkan ponsel jadul menjadi berguna bagi kehidupan Anda sehari-hari:
 
1. Kamera pengaman

Jangan menghabiskan uang untuk membel CCTV misalnya untuk memonitor bayi Anda. Dengan memanfaatkan ponsel jadul, Anda sudah bisa memonitor pergerakan bayi Anda.
 
Untuk menggunakan ponsel lama Anda sebagai monitor bayi, pasang di dekat tempat tidur bayi dan unduh aplikasi seperti Dormi (Android) atau Cloud Baby Monitor (iOS).

Kedua aplikasi tersebut memasangkan ponsel lama dan baru sehingga Anda dapat menonton dan mendengarkan bayi dari mana saja.
 
Fitur-fiturnya antara lain peringatan ketika bayi menangis dan kemampuan untuk berbicara dari jarak jauh dengan bayi melalui telepon.
 
Meskipun ponsel lama Anda mungkin tidak sepenuhnya menggantikan sistem keamanan rumah berteknologi tinggi, ponsel ini dapat berfungsi ganda sebagai kamera keamanan gratis.


Aplikasi seperti SalientEye juga bisa mengubah ponsel jadi pendeteksi gerak. Jika terdapat gerakan, pesan notifikasi akan dikirimkan lewat teks atau email.
 
Aplikasi lain adalah TrackView yang bisa digunakan untuk mengawasi jarak jauh dan merekam video.

Bisa juga memasangkan aplikasi Baby onitor dan Alarm, yang akan memberitahukan jika bayi terbangun.

2. DIY GoPro

Kamera GoPro yang dijual dengan harga ratusan dolar, tetapi jika ponsel lama Anda merekam video HD, Anda dapat mengikatnya ke apa saja dan merekam video POV, seperti dilansir How Stuff Works.
 
Kuncinya adalah menemukan perangkat pemasangan yang tepat. ika ponsel Anda dengan desain "phablet" yang lebih besar, mungkin terlalu berat untuk kepala Anda, jadi carilah ponsel yang dapat diikat ke setang sepeda atau dada Anda.

3. Gunakan sebagai pemutar musik mobil Anda

Mengutip How Stuff Work, ponsel lama bisa dipakai sebagai pemutar musik di mobil. Muat semua musik yang Anda ingnkan atau unduh aplikasi streaming musik. 
 
Kemudian hubungakan ke port daya mobil Anda, hubungkan ke stereo melalui Bluetooth atau jack headphone.

4. Gunakan sebagai mouse nirkabel

Anda dapat mengubah ponsel lama Anda menjadi mouse nirkabel atau remote untuk komputer Anda. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai clicker untuk presentasi.
 
Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk sebagai remote mouse nirkabel misalnya Gmote 2.0 dan Remot Link untuk Android serta Mobile House untuk IOS.

5. Pengganti remote

Mengutip US Mobile, ponsel lawas juga bisa dijadikan pengganti remote perangkat apapun alias remote universal. Tinggal pilih aplikasi remote universal, dan ponsel pun siap digunakan untuk mengatur televisi, AC, dan perangkat elektronik lain.  

(din/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK