GSX-RR Joan Mir di MotoGP 2020 Terinspirasi Motor Balap Lawas

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 16/11/2020 13:23 WIB
Suzuki GSX-RR terungkap terinspirasi dari motor balap Suzuki pada medio 1962. Suzuki GSX-RR digukana Joan Mir di balap MotoGP 2020. (Foto: AP/Alberto Saiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki GSX-RR yang digunakan Joan Mir untuk memperkuat tim balap Suzuki Ecstar 2020 menyajikan warna biru berpadu dengan warna silver. Warna livery itu disebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan unik di antara motor-motor yang hadir di kasta teratas balap MotoGP 2020.

Diberitakan, Suzuki GSX-RR terungkap terinspirasi dari motor balap Suzuki pada medio 1962.

Motor Suzuki dengan warna itu pernah meraih juara dan sekaligus menjadi gelar kejuaraan dunia pertama mereka pada kategori balap 50 cc bersama Ernst Degner.


Livery itu yang kemudian menempel pada Suzuki GSX-RR dan kebetulan berhasil mengantar salah satu pebalapnya Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP 2020.

Saat perdana mengenalkan motornya pada Februari 2020, Mir pernah mengungkap kebanggaannya bersama tim Suzuki dan motornya.

"Ini akan menjadi tahun yang penting bagi Suzuki dan livery biru-perak terlihat luar biasa di GSX-RR saya, saya bangga menjadi bagian dari tahun bersejarah ini dan membawa warisan balap seperti itu pada fairing saya," ujar Mir mengutip riders.drivemag, Senin (16/11).

GSX-RR Suzuki diperkenalkan untuk kali pertama pada 2014 untuk menggantikan motor balap sebelumnya, GSV-R. Motor ini memiliki panjang 2.096 mm, lebar 720mm dan tinggi 1.140mm. Sedangkan jarak sumbu roda 1.457 mm dan bobotnya 157 kg.

Motor ini menggunakan rangka aluminium Twinpar. Jika motor pada 1962 menggunakan mesin 50 cc, namun GSX-RR dibekali dapur pacu 1.000 cc empat silinder, empat katup, DOHC, dan berpendingin cairan.

Mesin ini dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan dengan sistem transmisi kopling ganda. Menurut Suzuki, mesin GSX-RR memiliki tenaga maksimal 236,7 hp, sedangkan kecepatan maksimal lebih dari 340 km per jam.

Mengutip situs Suzuki, GSX-RR dilengkapi knalpot model bertingkat yang disuplai Akrapovic. Motor ini punya lampu dengan menyala merah di bagian sepatbor belakang yang dapat digunakan dalam hujan atau jarak pandang rendah.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK