Motor Joan Mir Versi Jalanan Kasta Premium Dijual Rp288 Juta

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 16/11/2020 19:12 WIB
Suzuki GSX-RR yang digunakan Joan Mir untuk memperkuat tim balap Suzuki Ecstar 2020 ada versi jalanan. Kelasnya motor premium kapasitas mesin besar. Joan Mir mengendarai Suzuki GSX-RR di sirkuit. (Foto: AFP/JOSE JORDAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki menawarkan motor balap premium versi jalanan yang bisa dibeli konsumennya. Dalam versi jalan raya terinspirasi Suzuki GSX-RR yang digunakan Joan Mir untuk memperkuat tim balap Suzuki Ecstar 2020.

Beberapa pabrikan motor biasanya menyediakan motor berkapasitas mesin besar dapat digunakan di jalan raya secara legal, salah satunya Suzuki GSX-R1000R yang diluncurkan di Jepang pada April 2020 dengan harga sekitar Rp288 juta.

Selain Suzuki, Honda juga menyediakan motor balap premium Honda CBR1000RR-R atau versi jalanan dari RC213V-S dan Yamaha YZF-R1 terinspirasi dari motor balap Valentino Rossi, YZF-M1.


Pada GSX-R1000R, bagian livery-nya menyuguhkan tunggangan tim balap Suzuki Ecstar GSX-RR yakni biru silver, mengutip Indianautoblog, Senin (16/11)l

Suzuki GSX-R1000R edisi MotoGP ini juga dirilis untuk sekaligus memperingati 100 tahun kehadiran merek Jepang ini yang jatuh pada 15 Maret 2020. Selain livery MotoGP, tidak ada perubahan lain pada motor tersebut.

Motor ini diketahui menggendong mesin 999 cc empat silinder segaris, berpendingin cairan, DOHC, dan transmisi enam percepatan. Di atas kertas, mesin dapat melepas 194 tenaga kuda dengan torsi maksimal 117 nm.

Selain dari sisi tenaga yang lebih kecil dari GSX-RR, perbedaan lainnya dengan GSX-R1000R ada pada bentuk fairing dan knalpot. Sedangkan GSX-R1000R sudah diberi tambahan seperti jok belakang, sepatbor, dan spion.

Kilas balik GSX-RR

GSX-RR mungkin menjadi titik balik tim balap Suzuki pada ajang MotoGP. Motor ini dikembangkan pada 2012 atau satu tahun pasca Suzuki mengumumkan berhenti dari MotoGP.

Awalnya purwarupa GSX-RR disebut GSV-R, atau sama dengan nama motor terdahulu tim balap MotoGP Suzuki yang memiliki mesin V4.

Sedangkan saat ini GSX-RR dibekali dapur pacu 1.000 cc empat silinder segaris, empat katup, DOHC, dan berpendingin cairan dilansir situs Suzuki.

Mesin ini dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan dengan sistem transmisi kopling ganda. Menurut Suzuki, mesin GSX-RR memiliki tenaga maksimal 236,7 daya kuda, sedangkan kecepatan maksimal lebih dari 340 km per jam.

Dalam situs resminya, Suzuki menyebutkan motor ini dikembangkan berdasarkan GSX-R selama bertahun-tahun. Motor kemudian diperkenalkan kembali melalui MotoGP 2015.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK