Bertemu RK, Bos Hyundai Tegaskan Produksi Mobil Listrik 2022

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 16/11/2020 15:40 WIB
Wakil Presiden Hyundai Motor Asia Pasifik Lee Kang Hyun mengatakan, pembangunan pabrik dipusatkan di kawasan Delta Mas. Ilustrasi pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai tengah menyelesaikan pembangunan pabrik mobil di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Salah satu rencana perusahaan asal Korea Selatan itu memproduksi mobil listrik pada 2022 mendatang.

Wakil Presiden Hyundai Motor Asia Pasifik Lee Kang Hyun mengatakan, pembangunan pabrik dipusatkan di kawasan Delta Mas.

"Hyundai Motors sudah mulai membangun pabrik di Delta Mas Cikarang walaupun dalam Covid dengan dukungan penuh dari gubernur dan dukungan dari menteri-menteri yang bersangkutan jadi sudah 65 persen menyelesaikan," kata Lee dalam konferensi pers West Java Investment Summit di Bandung, Senin (16/11).


Acara ini juga dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sesuai rencana, kata dia, awal akhir 2021 pihaknya sudah bisa mulai produksi lokal mobil Hyundai di Indonesia.

"Tahun 2022 akan produksi mobil listrik dari Indonesia dan jual lokal," ucapnya.

Lee mengungkapkan, alasan pihaknya memilih Jabar dikarenakan mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Selain itu, infrastrukturnya juga lengkap.

"Hyundai Motors sudah memutuskan membangun pabrik mobil termasuk mobil listrik. Pak Ridwan Kamil sudah belanja mobil listrik pertama di Indonesia jadi saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Gubernur Ridwan Kamil memang bisa jadi kerja sama dengan swasta dan pemerintah memperkenalkan mobil listrik kepada masyarakat dan negara ini juga memang semacam perjanjian kuat dari Kang Emil," ujarnya.

Sebelumnya, pada 3 November lalu Ridwan Kamil sudah menyatakan pihaknya tengah menyiapkan regulasi terkait penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas Pemprov Jabar mulai awal 2021 yang termasuk untuk Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dia mengatakan Jawa Barat akan menjadi provinsi pertama yang mewajibkan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas.

Selain itu pria yang kerap dipanggil Emil ini juga mengatakan berencana membeli Ioniq Electric, hatchback yang Ia pernah jajal sendiri ke Garut dan tanjakan Nagreg.

Pabrik baru Hyundai yang saat ini masih dibangun di Indonesia direncanakan mulai beroperasi akhir tahun depan. Pada tahap awal pabrik ini akan memproduksi mobil konvensional, lantas direncanakan menghasilkan mobil listrik pada 2022.

Pabrik Hyundai yang dibangun di atas lahan 66 hektare di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat itu merupakan wujud komitmen investasi prinsipal Hyundai Motor Company (HMC) sebesar USD1,55 miliar untuk Indonesia. Investasi sudah dimulai sejak tahun ini dan akan berlangsung hingga 2030.

Proses pembangunan pabrik telah berjalan sekitar 60 persen. Hyundai menjelaskan pabrik itu memiliki kapasitas produksi sebanyak 150 ribu per tahun pada tahap pertama. Kemudian tahap selanjutnya produksi bakalan ditingkatkan menjadi 250 ribu unit per tahun, dan selanjutnya naik kembali menjadi di atas 300 ribu unit per tahun.

(hyg/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK