TIPS OTOMOTIF

Cara Mengecek Kelistrikan Mobil Bekas Asal Eropa

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 18/11/2020 14:42 WIB
Tips membeli mobil bekas merek Eropa. Paling utama adalah soal kelistrikan power window, spion elektrik, central lock. Ilustrasi logo mobil Mercedes-Benz. (Foto: Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil bekas asal Eropa, Mercedes-Benz dan BMW tahun 2000-an bisa jadi pilihan berkendara. Selain harganya yang 'miring', gengsi mengendarai mobil Eropa meski kondisi bekas tentu bakal menjadi kepuasan tersendiri.

Tapi sebelum tanda jadi diberikan kepada penjual, ada baiknya pengecekan dilakukan menyeluruh pada mobil, di antaranya fungsi kelistrikan mobil Eropa yang meliputi power window, spion elektrik, central lock, bahkan fitur sunroof.

Cara pengecekan cukup mudah, kamu juga tak perlu repot-repot menganalisa kerusakan dengan mengoperasikan bagian tersebut satu per satu.


Menurut Provisautolab, saat hendak membeli mobil Eropa bekas, kamu bisa mengoperasikan bagian-bagian itu secara keseluruhan dari luar mobil. Dari pengecekan itu bakal diketahui kerusakan pada komponen tersebut.

Untuk Mercedes-Benz keluaran 2000an yang menggunakan remote kunci, caranya hanya perlu menekan lama tombol pembuka. Nanti semua fitur akan bekerja mulai dari spion yang terbuka otomatis, pengunci pintu, jendela, dan sunroof.

Kemudian tekan tombol penguncian dan semua bagian tersebut akan tertutup kembali seperti semula. Jika semua bekerja berarti kelistrikan power window, spion elektrik, central lock, dan sunroof dalam kondisi normal tanpa masalah.

Pengecekan lain pada BMW keluaran 2000an yang dilakukan dengan anak kunci. Caranya cukup colok kunci pada lubang kunci bagian pintu sopir, lalu putar ke arah kanan dan tahan.

Saat menahan anak kunci, mulai dari keempat kaca jendela dan pengunci pintu mobil akan terbuka otomatis. Jika ingin menutupnya putar kunci ke arah sebaliknya, lalu ditahan sampai semua kaca jendela tertutup dan .

Jika semuanya bekerja normal berarti tidak ada kerusakan pada bagian kelistrikan kaca dan central lock mobil.

[Gambas:Instagram]

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK