TIPS OTOMOTIF

Penyebab Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 15/11/2020 05:47 WIB
Sebaiknya rutin lakukan pengecekan peranti rem tangan setiap menempuh perjalanan 10.000 kilometer di bengkel resmi. Rem tangan butuh perhatian agar fungsinya maksimal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Bogdanhoda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rem tangan juga butuh perhatian pemilik kendaraan. Sebab rem tangan sebagai peranti penting untuk menunjang keselamatan.

Pemilik mobil terkadang suka merasa rem tangan tidak lagi 'mengigit' atau pakem. Kepakeman rem tangan berkurang padahal tuas sudah ditarik ke posisi maksimal.

Rem tangan memiliki fungsi krusial pada mobil. Sebagai contoh rem ini digunakan saat mobil berhenti lama seperti parkir, atau 'mengunci' mobil saat di jalan menanjak agar tak meluncur ke belakang. Oleh sebab jika ada masalah pada rem tangan pasti mengurangi kenyamanan berkendara.


Auto2000 menjabarkan ada dua penyebab kenapa rem tangan bekerja tidak maksimal. Berikut penjelasan penyebab rem tangan bermasalah.

1. Setelan kampas rem

Dalam sistem kerja rem tangan, ada komponen bernama brake shoe atau kampas rem. Kampas rem ini sebenarnya bisa disetel sedemikian rupa agar kondisi rem tangan terus pakem. Namun kalau ada kesalahan dalam setelan, maka membuat rem tangan kurang pakem.

Setelan kampas rem yang kurang sesuai akan membuat kondisi rem tangan menjadi tidak sebaik biasanya. Ada ciri-ciri setelan brake shoe kurang sesuai yakni tuas transmisi menjadi sangat tinggi saat posisi rem tangan aktif.

Masalah ini namun dapat diatasi dengan menyetel ulang melalui setelan yang ada pada tromol atau tuas rem tangan.

Setelan tersebut harus diturunkan melalui adjuster yang ada di bagian bawah tuas rem tangan. Tapi jangan melakukan hal ini sendirian. Kita sebaiknya meminta bantuan tenaga berpengalaman.

2. Kondisi kampas rem

Jika kondisi komponen itu bermasalah tentu akan mempengaruhi kepakeman rem tangan. Kalau kondisinya sudah terlalu tipis, maka sebaiknya segera diganti secepat mungkin.

Penggantian kampas rem tipis harus dengan yang baru dan original. Jangan sampai Anda malah menggantinya dengan merek tidak jelas sehingga kualitasnya diragukan.

Sebaiknya rutin lakukan pengecekan peranti rem tangan setiap menempuh perjalanan 10.000 kilometer di bengkel resmi.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK