Suzuki Diduga Garap Burgman 125 Cc Jadi Skuter Listrik

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 21:00 WIB
Spyshot penampakan motor diduga Burgman Street EV yang berbasis Burgman 125 cc muncul ke permukaan. Suzuki Burgman Street 125. (suzukimotorcycle.co.in)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzuki diprediksi sedang mempersiapkan skuter listrik berbasis Burgman 125 di India. Penampakan sesosok skuter warna putih dengan aksentuasi biru yang menyulut prediksi ini.

Media otomotif di India melaporkan ada dua unit skuter yang dipercaya Burgman elektrik. Dugaan ini didasari desainnya mirip Burgman 125 namun tanpa knalpot dan sistem geraknya tidak sama.

Selain itu, seperti dijelaskan Rushlane, skuter itu menggunakan suspensi tunggal di belakang bagian kanan, sedangkan Burgman 125 punya komponen yang sama namun sebelah kiri.


Gaadiwaadi mengatakan secara keseluruhan skuter itu mirip seperti Burgman Street 125, diduga model pada spyshot ini adalah Burgman Street EV. Penampakannya di jalanan dikatakan bagian dari tes uji, terdapat dua unit yang sedang dikendarai.

Sejauh ini belum ada spesifikasi resmi yang bisa disampaikan terkait model ini.

Suzuki disebut pernah mengungkap keinginannya mempunyai motor listrik berkemampuan sekitar 80 km per jam dengan kapasitas baterai yang dapat menempuh jarak 70-90 km dalam satu kali pengisian.

Suzuki juga kemungkinan mendorong tingkat lokalisasi tinggi untuk komponen kelistrikan agar memperoleh subsidi pemerintah sehingga harga jual yang ditawarkan kompetitif.

Mengenai kapan motor ini masuk jalur produksi dan diluncurkan, Suzuki belum memberi kepastian. Meski begitu diprediksi motor ini akan siap sebelum 2022.

Suzuki Burgman sempat dijual di Indonesia, yakni versi Burgman 200 pada 2014. Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat dipercaya bakal merilis Burgman 125 untuk bersaing dengan Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi, namun sejauh ini belum terlaksana.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK