Fakta Kapal Selam China Fendouzhe, Capai Laut Terdalam Bumi

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 15:11 WIB
Kapal selam berawak baru China, Fendouzhe atau Striver, berhasil mencapai dasar Palung Mariana, palung laut terdalam di dunia. ilustrasi kapal selam China. (AFP PHOTO / FRED TANNEAU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal selam berawak baru China, Fendouzhe atau Striver, berhasil mencapai dasar Palung Mariana, palung laut terdalam bumi. Rekaman gambar dari kamera laut yang terpasang memperlihatkan kapal selam berwarna hijau dan putih bergerak turun ke dasar laut secara perlahan hingga akhirnya mendarat di dasar laut.

Melansir China Daily, Fendouzhe adalah kapal selam untuk kepentingan penelitian. Kapal selam itu dirancang di China Ship Scientific Research Center di Wuxi, provinsi Jiangsu, anak perusahaan konglomerat pembuat kapal milik negara China State Shipbuilding Corp yang berspesialisasi dalam peralatan bawah air.

Fendouzhe memiliki panjang 7,9 meter ini memiliki berat 23,9 ton dan memiliki kecepatan di bawah air sekitar 1 knot.


Kapal selam itu dilengkapi dengan lengan robotik untuk mengumpulkan sampel biologis dan menjadi 'mata' untuk mengidentifikasi objek di sekitarnya.

Fendouzhe mulai dikembangkan pada tahun 2016 oleh ilmuwan dan insinyur yang pernah menggarap kapal selam penelitian Jiaolong dan Shenhai Yongshi. Fendouzhe bertenaga listrik dan dapat beroperasi selama sekitar 10 jam di bawah air.

Fakta Kapal Selam China

Mengutip Phys, Fendouzhe berhasil memecahkan rekor penyelaman nasional China usai turun ke dasar Palung Mariana di Samudra Pasifik. Fendouzhe berhasil menyelam hingga kedalaman 10.909 meter.

Pada tahun 2010, kapal selam penelitian China lain bernama Jiaolong berhasil menyelam hingga kedalaman 7.062 m di Palung Mariana dan Shenhai Yongshi hingga 4.500 m.

Kapal selam berawak yang menyelam palling dalam di dunia saat ini adalah DSV Limiting Factor, yang menyelam hingga kedalaman 10.927 m. Rekor penyelaman Fendouzhe diperoleh setelah melakukan beberapa kali penyelaman.

Fendouzhe membawa begitu banyak peralatan. Sehingga para insinyur memodifikasi kapal selam itu menjaga keseimbangannya. Fendouzhe adalah kapal selam berawak laut dalam ketiga di China.

Mengutip CBS News, Fendouzhe menyelam pada tekanan air yang mencapai delapan ton per inci persegi atau sekitar seribu kali tekanan atmosfer di permukaan laut.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK