Alasan Super Mario Bros 3 jadi Game Termahal di Dunia

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 07:32 WIB
Rumah lelang Heritage Auctions menjelaskan alasan Game Super Mario Bros 3 sebagai game termahal di dunia. Game Super Mario Bros termahal di dunia laku dalam lelang. (Foto: Heritage Auctions)
Jakarta, CNN Indonesia --

Super Mario Bros 3 memecahkan rekor game termahal yang pernah ada, setelah kaset game tahun 1990 terjual seharga US$156 ribu pada lelang Jumat pekan lalu.

Penawaran dimulai dari US$62.500 dan 20 penawar terlibat dalam pelelangan. Game NES dengan mudah mengalahkan rekor sebelumnya, Super Mario Bros yang terjual seharga US$114 ribu pada bulan Juli 2020, seperti dikutip The Verge.

Menurut Heritage Auctions yang dilansir Games Radar, harga yang memecahkan rekor game termahal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.


Pertama adalah desain kotaknya yang relatif langka, yang bertuliskan "Bros." diformat ke kiri pada bagian depannya yang sedikit mengaburkan tangan Mario.

Namun, desain yang lebih langka ini hanya menjelaskan sebagian dari harga karena salah satu varian ini dijual di rumah lelang pada bulan Juli hanya dengan $ 38.400.

Game ini diberi peringkat Wata 9,2 A + untuk kondisinya, artinya kualitas kotak dan kualitas segel aslinya. Sementara itu, versi sebelumnya memiliki peringkat yang sedikit lebih rendah dari Wata 9.0 A.

Di samping Super Mario Bros. 3, salinan Pokémon Red yang tersegel menjadi game Pokémon termahal yang terjual saat dibeli seharga $ 84.000 selama lelang hari Jumat.

Heritage Auctions tidak menyebutkan apakah ada sesuatu yang unik tentang versi khusus ini, tetapi tampaknya telah dijual dalam kondisi yang sangat baik, dengan peringkat Wata 9,8 A ++.

Sebelumnya, rumah lelang seni dan koleksi terbesar Amerika Serikat, Heritage Auctions berhasil menjual kaset langka game Super Mario kepada seorang anonim sebesar US$144 ribu atau sekitar Rp2 miliar (US$1 = Rp14.345).

Kaset langka Super Mario itu pertama kali dirilis pada 1985 yang diperuntukkan untuk game konsol Nintendo Entertainment System yang populer pada zamannya.

Menurut keterangan resmi Heritage Auctions dikutip CNN, Selasa (14/7), penawaran terhadap kaset Super Mario itu telah memecahkan rekor untuk penjualan video game termahal.

Angka penjualan melampaui salinan video game Super Mario lain yaitu seharga US$100.150 pada Februari 2019.

Alasan mengapa kaset Super Mario itu sangat mahal karena kotak yang digunakan untuk membalut kaset terbuat dari plastik shrink wrap. Plastik ini terbuat dari film plastik polimer.

(din/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK