Tonggak Logam Misterius Ditemukan di Gurun Amerika Serikat

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 13:48 WIB
Struktur misterius berbentuk seperti tonggak logam ditemukan di sebuah gurun di Utah, Amerika Serikat. Sebuah struktur misterius seperti tonggak terbuat logam yang diduga merupakan monolit ditemukan pada sebuah gurun di Utah, Amerika Serikat (Utah Department of Public Safety via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah tonggak logam misterius yang diduga adalah sebuah monolit ditemukan di gurun negara bagian Utah, Amerika Serikat.

Monolit ini ditemukan oleh pekerja keselamatan publik di Utah tenggara. Mereka tengah menjelajahi wilayah itu dengan helikopter, Rabu (18/11) lalu, untuk mencari domba Bighorn, seorang kru lantas melihat benda monolit itu.

"Salah satu ahli biologi...melihatnya, dan kami langsung terbang di atas benda itu," jelas pilot Bret Hutchings kepada CNN


"Ia berteriak, wa, wa,wa, berbalik, berbalik!" Lalu saya bilang, "Apa!". Ahli biologi itu lalu berkata lagi, "Ada sesuatu dibawah, kita harus melihat itu," ujarnya menirukan percakapan di atas helikopter.

Saat dihampiri, monolit itu memiliki tinggi sekitar 10 hingga 12 kaki (3-3,6 meter) dan tertanam dengan kuat di tanah. Mereka menilai monolit itu tampak seperti ekspresi artistik daripada benda buatan alien.

"Kami agak bercanda, bilang jika salah satu dari kami tiba-tiba menghilang," kata pilot helikopter Bret Hutching saat diwawncara oleh KSL-TV, melansir Washington Post

Namun, berdasarkan aturan AS, membuat struktur seni tanpa izin di lahan publik adalah perbuatan ilegal.

"Tak peduli dari planet mana Anda berasal," jelas otoritas Utah dalam pernyataan yang dirilis Senin (23/11).

Tidak jelas siapa yang menanam monolit itu. Namun, Hutchings menilai benda itu merupakan sesuati yang paling aneh dilihatnya selama bertahun-tahun terbang di atas gurun Utah.

Departemen Keselamatan Publik (DPS) negara bagian Utah menyatakan tidak akan mengungkapkan lokasi pasti monolit itu dengan alasan keamanan publik. Mereka juga memperingatkan bahwa orang-orang yang mencoba mengunjunginya mungkin akan terdampar di tengah medan berbatu.

Melansir Sky News, Hutchings mengaku sempat mengira benda tersebut milik NASA. Dia berpikir itu adalah satelit atau sesuatu berhubungan dengan antariksa. 

Dia pun mengatakan itu tampaknya buatan manusia. Mungkin dibuat oleh 'beberapa seniman atau penggemar berat film fiksi ilmiah '2001: A Space Odyssey'. Dalam film buatan Stanley Kubrick tahun 1968 itu, sebuah monolit logam ditemukan di padang pasir oleh kera.

DPS Utah memposting gambar dan cuplikan penemuan di situs webnya dan seseorang yang mengambil salah satu video terdengar mengatakan, "para penjelajah pemberani turun untuk menjelajahi bentuk kehidupan alien".

"Siapa yang melakukan hal-hal semacam ini?," tanya orang dalam video itu sambil tertawa.

Setelah DPS membagikan gambar struktur di saluran media sosialnya, pengikutnya datang dengan teorinya masing-masing. Salah satu netizen menyebut itu adalah 'portal ruang angkasa', yang lain mengatakan objek itu mungkin tertinggal dari pemotretan film.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK