Kontroversial, Remaja AS Tembus 100 Juta Pengikut di Tiktok

CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 01:17 WIB
Seorang remaja AS menembus 100 juta pengikut di Tiktok lewat video-video yang menuai polemik para netizen. IlustrasiTiktok. (AFP/Drew Angerer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang remaja asal Amerika Serikat bernama Charli D'Amelio menjadi orang pertama yang memiliki 100 juta pengikut di platform Tiktok.

Selain memiliki jumlah pengikut terbanyak, Charli juga menjadi salah satu selebritas TikTok dengan bayaran terbesar.

Namun, kenaikan jumlah pengikut di Tiktok diwarnai dengan kritikan warganet. Mereka menganggap Charli mengunggah video kontroversial atau tak pantas.


Karena kontroversi itu, pengikut Charli sempat menurun, meski kemudian kembali naik.

Video yang menjadi pusaran kontroversi terkait dengan pertengkaran dengan orangtuanya Marc dan Heidi. Dalam salah satu bagian video, Charli melontarkan keluhan yang membuat penggemar merasa tidak dihargai. Hal ini sempat menurunkan jumlah pengikutnya.

Video itu juga menampilkan bagaimana saudara perempuan Charlie, Dixie, tersedak sebagai tanggapan atas masakan yang disajikan oleh koki pribadi. Sang koki saat itu memasak escargot, masakan siput ala Prancis.

"Sungguh menjijikkan, manja banget, dan enggak ada hormatnya perempuan-perempuan itu," tulis salah satu komentar di Tiktok seperti dikutip New York Post, Jumat (27/11).

Merespons celaan netizen, Charli tidak meminta maaf. Ia malah melakukan pembelaan atas perilaku di video tersebut. 

"Aku akan kembali memposting konten normal dengan senyuman di wajah saya! Pada akhirnya, saya tahu bahwa saya adalah orang baik dengan hati yang baik dan saya tidak akan pernah mengetahuinya tentang diri saya. Saya cinta kalian semua," ujar dia, via akun Twitter-nya.

Sebelum melewati angka 100 juta, jumlah pengikut Charli turun dari 99,5 juta pengikut menjadi 98,5 juta setelah video tersebut. Seorang Youtuber James Charles pun membela Charli di tengah kritikan tersebut.

"Situasi Charli ini tidak sesuai dengan saya," ungkapnya di Twitter.

"100 juta pengikut dalam satu tahun dan Anda berharap dia tahu bagaimana menjadi panutan yang sempurna? Ancaman kematian karena dia pemilih yang suka makan dan membuat lelucon tentang pencapaian. "

Melansir The Times, Charli memulai akun TikTok dengan merekam dirinya berjoget di dalam kamar. Ia memulai akun ini 1,5 tahun lalu. Jumlah pengikut Charli ini melebihi jumlah gabungan penduduk Australia, Afghanistan, dan Moroko.  

(ctr/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK