Cara Gunakan Instagram Live Rooms, Siaran Hingga Empat Orang

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 08:02 WIB
Cara pakai fitur Instagram Live Rooms yang bisa digunakan untuk melakukan siaran langsung (live) hingga empat orang. Instagram Live Room bisa digunakan untuk melakukan siaran langsung hingga empat orang (dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram meluncurkan fitur Live Rooms yang memungkinkan pengguna untuk Live bersama tiga pengguna lainnya.

Instagram menyebut penerapan fitur ini digelar secara bertahap, baru sebagian kecil pengguna di Indonesia yang mendapatkan fitur ini untuk uji coba.

Indonesia disebut Instagram menjadi salah satu negara pertama yang mendapatkan fitur Live Rooms. Fitur Live Rooms telah diluncurkan secara bertahap bagi pengguna di Indonesia dan India.


Dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini akan tersedia bagi seluruh pengguna Instagram secara global.

Berikut adalah cara untuk menggunakan Live Rooms:

- Untuk memulai Live, geser halaman utama ke kanan.

- Pilih Siaran Langsung.

- Tekan tombol lingkaran pada bagian tengah bawah layar untuk memulai Siaran Langsung.

-Untuk mengajak teman bergabung di siaran Live Rooms, tekan ikon Kamera/Rooms.

- Pengguna akan melihat daftar teman yang mengirimkan permohonan untuk bergabung di Live Rooms atau pengguna dapat mengetikkan nama teman yang ingin ditambahkan.

- Pengguna dapat menambahkan hingga tiga teman untuk bergabung dalam siaran Live Rooms. Mereka dapat menambahkan ketiganya secara bersamaan maupun bertahap.

- Jika host menggunakan perangkat iOS, mereka akan tetap dapat menggunakan fitur Q&A di Live Rooms. Akan tetapi, untuk saat ini pengguna tidak dapat menampilkan foto atau video seperti pada fitur Live yang ada saat ini.

Instagram mengatakan fitur ini diluncurkan karena para pembuat konten dan pelaku bisnis menggunakan fitur Live secara signifikan.

Live Rooms akan memungkinkan mereka untuk melakukan Instagram Live bersama beberapa orang sekaligus, memungkinkan pengguna untuk membuat konten talk show, podcast, sesi tanya jawab secara Live.

Country Director, Facebook di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan pihaknya berupaya untuk terus berinovasi dan membantu mereka dalam mengekspresikan diri secara lebih baik agar pengguna bisa menyebarkan berbagai konten positif.

"Tahun ini, kami melihat penggunaan fitur Live yang luar biasa dari para pengguna di Indonesia. Kami sangat terinspirasi dengan kreativitas pengguna dalam memanfaatkan fitur tersebut untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kerabat, maupun audiens mereka di tengah masa pandemi ini," kata Lydian.

Instagram tetap menghadirkan berbagai fitur keamanan untuk Live Rooms yang memungkinkan pengguna host untuk mengendalikan Live Rooms.

Pengguna dapat tetap menyembunyikan komentar negatif saat Live Rooms berlangsung. Selain itu, jika host memblokir pengguna tertentu, maka mereka tidak akan dapat mengajukan permohonan untuk bergabung di Live Rooms. Mereka tetap tidak dapat mengajukan permohonan meski pengguna tersebut tidak diblokir oleh pengguna lainnya.

Pengguna Instagram yang sebelumnya tidak dapat menggunakan fitur Live karena mereka melanggar Pedoman Komunitas Instagram, juga tidak akan dapat bergabung dalam Live Rooms.

(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK