Elon Musk: Manusia Ada di Mars 2026

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 18:02 WIB
Bos SpaceX Elon Musk memperkirakan manusia bisa menginjakkan kaki di Mars dalam waktu enam tahun atau empat tahun lagi jika beruntung. Elon Musk pastikan manusia bisa tinggal di Masr 2026. (AFP/PHILIP PACHECO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk memperkirakan manusia bisa menginjakkan kaki di Mars dalam waktu sekitar enam tahun pada 2026. Musk menyatakan ia yakin dengan prediksinya tersebut.

Bahkan Musk mengatakan dengan keberuntungan, pendaratan manusia pertama bisa terjadi dalam waktu empat tahun.

"Kalau kita beruntung, mungkin bisa empat tahun," ujar Musk.


Musk menjelaskan target itu didasarkan pada fakta bahwa Bumi dan Mars selaras dalam orbit relatif di Matahari setiap 26 bulan.

Saat itu Bumi dan Mars saling berdekatan. Hal ini membuat perjalanan dari Bumi ke Mars akan lebih pendek. Posisi optimal ini hanya terjadi setiap 26 bulan sekali.

SpaceX berencana untuk melakukan peluncuran dan pendaratan tanpa awak di Mars pada kesempatan berikutnya dalam waktu sekitar dua tahun ke depan. 

Saat ditanya kapan Musk akan terbang ke orbit, ia mengatakan akan melakukan dalam dua atau tiga tahun ke depan.

Ia mengatakan dirinya terlebih dahulu memastikan teknologi tersedia untuk memungkinkan banyak orang pergi ke Mars dan membuat kehidupan antarplanet, dan memiliki markas di Bulan.

Dia juga mengulangi ambisinya untuk akhirnya dimakamkan di Mars. Ia juga percaya menjadi masyarakat luar angkasa adalah sebuah keniscayaan yang pada akhirnya akan diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia.

Dilansir dari TechCrunch, misi Starship sedang bersiap untuk uji terbang ketinggian tinggi pertama.

Dilansir dari CNBC, roket akan terbang di fasilitas pengembangan SpaceX Texas, dan akan diluncurkan untuk uji coba paling cepat pada awal Desember ini.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK