Qualcomm Snapdragon 888 Rilis, Dukung Beragam HP Flagship

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 23:50 WIB
Pada tahun 2021 mendatang, Qualcomm Snapdragon 888 bakal mendukung ponsel flagship seperti Samsung, OnePlus, LG, Sony, dan lainnya. Ilustrasi chipset Qualcomm. (Dok. Qualcomm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan pembuat chipset asal Amerika Serikat (AS), Qualcomm resmi merilis Snapdragon 888 di Snapdragon Tech Summit.

Pada tahun 2021 mendatang, Qualcomm Snapdragon 888 bakal mendukung ponsel flagship seperti Samsung, OnePlus, LG, Sony, dan lainnya.

Menurut The Verge, chipset seri ke-8 merupakan seri teratas perusahaan. Snapdragon 888 membuat peningkatan besar untuk konektivitas modem 5G, tak seperti pendahulunya Snapdragon 865.


Snapdragon 888 akan menampilkan modem Qualcomm X60 yang sudah diumumkan awal tahun ini melalui proses 5nm untuk efisiensi daya yang lebih baik, seperti dilansir Uber Gizmo.

Selain itu, peningkatan agregasi operator 5G di seluruh pita spektrum mmWave dan sub-6GHz.

Selain meningkatkan konektivitas modem 5G, Qualcomm juga menggoda beberapa kemajuan lain yang datang ke Snapdragon 888 termasuk mesin AI generasi keenam.

Snapdragon 888 juga akan menampilkan peningkatan paling signifikan dalam kinerja GPU Qualcomm Adreno, meskipun spesifikasi tentang peningkatan seperti apa yang akan datang belum diumumkan.

Terakhir, Qualcomm melakukan pratinjau fitur fotografi baru yang akan diaktifkan Snapdragon 888, termasuk kemampuan untuk memotret kira-kira 120 foto per detik pada resolusi 12 megapiksel, berkat ISP yang diperbarui (yang lebih cepat hingga 35 persen).

Tinjauan yang lebih komprehensif tentang spesifikasi dan peningkatan yang ditawarkan dengan chipset tahun ini akan hadir di hari kedua Snapdragon Tech Summit, pada tanggal 2 Desember waktu setempat.

Sebelumnya, Snapdragon 865 dilengkapi dengan chip pengolah gambar Spectra 480 CV-ISP yang mampu mengabadikan 1 miliar warna dan bisa digunakan untuk merekam video 8K. Chip itu juga memiliki kecepatan pengambilan gambar 2 Gigapixels per detik.

Selain itu, Spectra 480 CV-ISP mampu mengangkut 4 pixel per clock cycle sehingga mampu menghemat daya.

Tak hanya itu, Susanto mengklaim implementasi Spectra 480 CV-ISP telah menghemat power sebesar 16 persen saat mengambil video, menjadikan gambar 18 persen lebih detil, dan 40 persen lebih baik saat mengambil gambar dalam cahaya yang minim. Selain itu Chip tersebut mendukung HDR10+.

Adapun Adrono 650 pada prosesor tersebut juga membuat proses rendering grafis lebih cepat 25 persen dan membuat daya lebuh efisien 35 persen.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK