Tugu Logam Misterius ke-3 Nongol di Puncak Gunung California

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 13:56 WIB
Sebuah tonggak logam misterius ketiga yang diduga merupakan sebuah monolit ditemukan di puncak Gunung Pine, California, AS. Ilustrasi tugu logam misterius di California. (AP/Terrance Siemon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah tonggak logam misterius ketiga yang diduga merupakan sebuah monolit ditemukan di puncak Gunung Pine, Kota Atascadero, California, Amerika Serikat (AS) Rabu (2/12).

Monolit mirip Odyssey 2001 itu muncul kembali usai hal serupa terjadi belakangan ini di gurun negara bagian Utah, Amerika Serikat dan di kota Piatra Neamt, Rumania.

Temuan itu diunggah oleh salah seorang pengguna Twitter @ConnorCAllen, Rabu (2/12) sore waktu setempat. Allen bersama teman-temannya saat itu tengah melakukan pendakian lokal untuk menyaksikan temuan aneh itu.


Allen pun mengunggah tiga buah foto yang menampilkan tugu logam misterius itu. Unggahan itu telah mendapat 1.100 like dan 310 retweets per Kamis (3/12).

"Saat ini ada monolit di puncak Gunung Pine di Atascadero," kicau Allen, Kamis (3/12).

Mengutip dari laman berita harian Atascadero, tugu logam misterius itu tampaknya terbuat dari baja tahan karat, dengan tinggi 3 meter dan lebar 400 centimeter dengan perkiraan berat 90 kilogram.

Benda itu dilas setiap sudutnya dengan paku keling yang menempelkan panel samping ke rangka baja di dalamnya. Bagian atas monolit tidak menunjukkan bekas lasan, dan tampak berlubang di bagian atas, dan mungkin bagian bawah juga demikian.

"Tidak seperti yang di Utah, obelisk Atascadero tidak dipasang ke tanah, dan dapat ambruk dengan dorongan kuat," tulis mereka.

Melansir CNET, tonggak logam misterius serupa sebelumnya ditemukan di gurun negara bagian Utah, Amerika Serikat. Monolit itu ditemukan oleh pekerja keselamatan publik di Utah tenggara.

Mereka tengah menjelajahi wilayah itu dengan helikopter, Rabu (18/11) lalu, untuk mencari domba Bighorn, seorang kru lantas melihat benda monolit itu. Namun Biro Manajemen Pertanahan mengatakan monolit tersebut telah dihilangkan oleh pihak yang belum diketahui sampai saat ini.

Kemudian, tonggak logam monolit misterius kedua ditemukan di kota Piatra Neamt, Rumania. Namun beberapa hari setelah kemunculannya, tugu itu pun dilaporkan menghilang, Selasa pada (1/12) kemarin.

Kendati demikian, tonggak logam misterius yang ditemukan di Atascadero disebutkan berbeda dengan benda yang muncul di Utah. Benda yang ditemukan di Utah disebutkan memiliki tinggi yang hampir serupa, namun sedikit lebih besar dibandingkan dengan versi Atascadero yang lebih ramping.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK