Modifikasi Head Unit Fortuner-Pajero Sport Mirip Tesla

CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2020 10:16 WIB
Pemilik Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport kini bisa mengikuti tren Tesla menggunakan head unit layar sentuh ukuran 12,1 inci. Produk aftermarket head unit layar sentuh besar 12,1 inci mirip Tesla untuk Toyota Fortuner. (Asuka Car TV Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu tren yang dibawa mobil-mobil Tesla ke dunia modifikasi adalah head unit-nya yang unik karena bentuknya besar. Tren itu kini bisa diaplikasikan ke mobil lain menggunakan barang aftermarket, misalnya untuk Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport.

Produk head unit seperti Tesla dengan ukuran layar sentuh 12,1 inci sekarang sudah ada di pasaran. Bentuknya portrait, memanjang ke bawah di tengah dasbor. Jika dipasang perangkat ini bakal menutupi area head unit orisinal sampai ke panel AC bawaan pabrik.

Albert Lim, Marketing Manager salah satu distributor produk head unit mirip Tesla, Asuka Car TV Indonesia, menjelaskan, meski panel AC bawaan pabrik tertutupi produk, tombol dan knob tetap tersedia.


Pengaturan AC bisa dilakukan sepenuhnya di layar sentuh, meski begitu pengaturan manual menggunakan tombol dan knob tetap bisa dilakukan.

Head unit layar sentuh ala Tesla ini juga memiliki beberapa fitur lainnya yakni voice command yang mampu memahami perintah bahasa Indonesia, layar split atau terbagi dua, hingga sistem koneksi tanpa kabel Apple Car Play dan Android Auto.

"Dan produk ini khusus untuk dua SUV tersebut. Kami pilih sebab pemilik Pajero Sport dan Fortuner memang suka ganti-ganti head unit," kata dia saat diskusi virtual pada Selasa (8/12).

Produk aftermarket head unit layar sentuh besar 12,1 inci mirip Tesla untuk Toyota Fortuner.Produk aftermarket head unit layar sentuh besar 12,1 inci mirip Tesla untuk Toyota Fortuner. (Asuka Car TV Indonesia)

Head unit yang dijalankan dengan sistem berbasis Android OS PIE 9.0 dijual seharga Rp12 juta - Rp13 juta sudah termasuk pemasangan. Harganya cukup mahal, setara banderol sejumlah motor bekas skutik dan model sport 150 cc produksi 2016-2019.

Namun buat sebagian orang yang ingin tampil beda, penampilan interior kabin dengan head unit gede seperti Tesla bisa jadi inspirasi tersendiri. Fungsionalitasnya yang modern juga bisa menambah pengalaman hiburan selama berkendara.

Terkait kelistrikan, memodifikasi sistem hiburan seperti ini perlu teknik khusus. Artinya art shop yang kamu pilih harus paham memasang instalasi listrik dengan baik dan benar, sebab kelistrikan mobil sudah diperhitungkan.

Salah pasang bisa bikin usia sistem hiburan yang harganya belasan juta lebih pendek, bahkan bisa mengganggu sistem listrik lain pada mobil.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK