Hyundai Daftar Mobil Baru Staria, Diduga Produksi Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 07:39 WIB
Media Filipina menyebut Hyundai mendaftarkan nama paten Staria yang diduga mobil baru ekspor dari Indonesia. Logo Hyundai. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gosip mobil Hyundai produksi Indonesia datang lagi dari Filipina, kali ini menyebut ada mobil baru bernama Staria. Hyundai mengajukan dua nama paten yaitu Staria dan Staria Premium.

Merek dagang Staria disebut telah diajukan Hyundai ke Direktorat Kekayaan Intelektual Filipina pada 1 Juni 2020 dan Staria Premium pada 15 September.

Belum bisa dipastikan jenis mobil dengan merek dagang Staria ini. Namun nama itu masuk dalam kategori jenis 'mobil, van, gerobak, kendaraan listrik, dan kendaraan hybrid'.


Dugaan awal Staria merupakan produk baru yang akan diperkenalkan Hyundai dalam bentuk van besar atau Multi Purpose Vehicle (MPV). Alternatif tebak-tebakan lainnya yakni Staria bakal menggantikan Hyundai Starex di pasar MPV Filipina.

Menurut narasumber autoindustriya.com, Filipina bakal mengimpor sejumlah model buatan Indonesia. Staria disebut salah satu dari model masa depan itu.

Staria juga diungkap bukan hanya terdaftar di Filipina melainkan juga di Malaysia, Laos, dan Kamboja. Bahkan nama itu juga ada di Jerman, Prancis, dan Amerika Latin.

Sebelum informasi soal Staria, media Filipina yang sama juga mengungkap Hyundai bakal mengekspor Creta tujuh penumpang dari Indonesia ke negaranya. SUV ini jenis baru sebab sebelumnya Creta hanya muat lima penumpang.

Pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat yang masih dalam tahap pembangunan memang sudah ditargetkan menjadi basis ekspor ke ASEAN. Hyundai Motor Asia Pacific pernah mengungkap mobil Hyundai produksi Indonesia akan mulai dijual pada 2021, lalu produksi kendaraan listrik start 2022.

Jenis mobil yang bakal diproduksi sudah disebut berupa SUV, MPV, sedan, dan mobil listrik. Meski begitu identitas pasti masing-masing belum diungkap resmi.

Hyundai Motors Indonesia yang dikonfirmasi belum juga merespons kabar itu.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK