Ragam Fitur Youtube yang Masih Jarang Digunakan

CNN Indonesia | Senin, 14/12/2020 08:05 WIB
Sejumlah fitur Youtube yang sebenarnya menarik ada yang masih jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali. Ilustrasi Youtube. (Istockphoto/pressureUA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Platform pemutar video YouTube ternyata memiliki segudang fitur yang menarik. Saking banyaknya, sejumlah fitur yang sebenarnya menarik jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali.

Berikut sejumlah fitur yang bisa Anda gunakan saat menggunakan YouTube yang dirangkum CNNIndonesia.com:

1. Antrean

Melansir Fast Company, YouTube memiliki fitur yang sama seperti aplikasi pemutar lagu. Penggunanya bisa membuat daftar antrean video yang akan ditonton.


Pengguna cukup mengarahkan kursor ke setiap video yang ingin Anda tonton dan klik ikon kedua di sudut kanan atas: Tambahkan ke Antrean.

Setelah itu dilakukan, Anda akan melihat daftar video yang akan ditonton. Tekan putar, buka layar penuh, dan nikmati pertunjukan saat video yang Anda pilih diputar satu demi satu.

2. Pintasan keyboard

Fitur pintasan keyboard adalah fitur yang nampaknya jarang digunakan oleh pengguna yang terbiasa menggunakan mouse untuk menavigasi video yang diputar. Padahal, pintasan keyboard diklaim dapat menghemat waktu menavigasi YouTube.

Untuk mengakses daftar pintasan Keyboard, buka gambar profil Anda dan pilih Pintasan Keyboard. Anda juga dapat memasukkan SHIFT+? di keyboard Anda. Saat mengarahkan mouse ke tombol pemutar tertentu, Anda akan melihat pintasan keyboard yang relevan.

Misalnya, saat mouse di atas ikon layar penuh, Anda akan melihat "Layar penuh (f)," yang menunjukkan bahwa Anda dapat memasukkan f untuk membuka layar penuh.

Anda harus mengklik pemutar video sebelum menggunakan pintasan keyboard. Untuk kembali ke pengalaman komputer klasik, buka gambar profil dan klik Pulihkan YouTube lama.

Beberapa pintasan keyboard yang bisa digunakan, misalnya Spasi/ huruf k untuk memutar atau menjeda; huruf J untuk mundur 10 detik, hingga huruf L untuk maju 10 detik.

3. Berbagi video di menit tertentu

Banyak pengguna YouTube langsung membagikan tautan video kepada orang lain. Jarang ada pengguna yang memanfaatkan fitur yang dapat membuat penerima tautan langsung menyaksikan bagian dalam video yang menarik.

Untuk menggunakan fitur itu, pengguna hanya cukup menjeda video tepat pada titik yang ingin dibagikan, tekan tombol Bagikan di bawah video, dan centang kotak 'Mulai dari' di sudut kiri bawah. Kemudian salin URL dan kirim bersama.

Saat teman Anda mengklik tautan, video akan mulai diputar tepat pada saat itu.

4. Ubah cuplikan video menjadi GIF

Pengguna YouTube diketahui dapat mengubah video YouTube menjadi GIF. Caranya, pengguna hanya cukup menambahkan kata gif pada tautan sebuah video.

Video Youtube yang akan diedit, akan diarahkan ke Gifs.com yang merupakan layanan independen dari YouTube. Anda dapat memilih titik untuk mendapatkan klip seperti yang disuka dan akhirnya membuat GIF yang dapat dibagikan.

5. Mode Gelap

Melansir Make Us Of, Pengguna YouTube bisa memanfaatkan mode gelap untuk memberi kenyamanan mata. Fitur yang mulai tersedia sejak 2017 itu dapat digunakan dengan cara membuka proofil, lalu pilih tampilan, dan pilih tema gelap.

6. Menonton TV

YouTube bukan hanya tempat untuk menonton video. YouTube kini berubah menjadi layanan streaming konten lengkap.

Anda cukup membuka YouTube TV untuk menyaksikan streaming langsung ABC, CBS, FOX, NBC, The CW, dan 40 saluran kabel lainnya. Ini bukan layanan gratis, tetapi bisa menjadi langkah yang bagus untuk menyingkirkan TV kabel dan benar-benar memotong kabel.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK