Daihatsu Pakai Teknologi Hybrid Toyota di Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 14:17 WIB
Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan, Daihatsu bakal mengikuti Toyota untuk model hybrid yang akan dipasarkan di Indonesia. Daihatsu masih belum terbuka model hybrid yang akan dipasarkan di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren mobil hybrid dan listrik semakin kuat di Indonesia. Pabrikan mobil China, Eropa, Jepang dan Korea siap meramaikan segmen kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Di Indonesia, ada dua merek otomotif dengan penggemar terbanyak, yaitu Daihatsu dan Toyota. Di global Daihatsu adalah anak usaha Toyota. Toyota telah memiliki saham mayoritas di Daihatsu, dan ini menentukan proyek bisnis kendaraan hybrid kedua perusahaan di setiap negara, seperti Indonesia.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menjelaskan, Daihatsu bakal "mengikuti" Toyota untuk model mobil ramah lingkungan yang akan dipasarkan di Indonesia. Hal tersebut karena teknologi yang akan digunakan Daihatsu mengadopsi hybrid milik Toyota.


"Pada dasarnya gini kami itu grup Toyota. Kalau secara teknologi hybrid yang dipakai Daihatsu itu akan seperti Toyota. Jadi pada dasarnya sama seperti Toyota akan ngeluarin hybrid, Daihatsu akan ngeluarin hybrid," kata Amelia secara virtual.

Data yang CNNIndonesia.com himpun, Daihatsu belum bermain di segmen mobil hybrid dalam negeri, tidak seperti Toyota yang sejak belasan tahun lalu sudah memasarkan Prius hybrid di Indonesia, dan diikuti Camry, dan model-model lainnya

Ke depannya, Amelia pun tak mau merinci apakah keputusan akan menjual mobil hybrid di Indonesia menunggu produksi lokal yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), atau impor mobil hybrid dari Jepang untuk sementara waktu.

"Poinnya begitu. Tahunnya berapa ya ikut saja dengan Toyota karena bukan Daihatsu yang buat hybrid-nya," ungkap Amelia.

Sejauh ini Toyota telah menjual mobil hybrid di Indonesia dari berbagai segmen. Hybrid paling murah Toyota berjenis SUV, yakni Corolla Cross yang dibandrol tak sampai Rp500 juta.

Toyota baru akan mencanangkan produksi lokal hybrid pada 2022. Rencana itu masuk ke dalam bagian investasi jangka panjang Rp28,3 triliun secara bertahap hingga lima tahun ke depan di Indonesia.

Meski produksi akan dilakukan 2022, namun Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam pernah mengatakan Toyota sudah memulai tahapan jelang produksi lokal hybrid di Tanah Air.

"Jadi kami sebetulnya udah mulai eksekusi ya sebetulnya, dan harapannya 2022 sudah mulai ada lokal produksi untuk model hybrid," ujar Bob.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK