Kerja Sama Gojek-Bank Jago Model Pertama di Asia Tenggara

Gojek, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 16:30 WIB
Kolaborasi antara Gojek dan Bank Jago ini bertujuan untuk mempercepat inklusi keuangan di Indonesia. Ilustrasi. (Foto: Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gojek mengumumkan investasi di Bank Jago, dan resmi menjadi pemegang 22 persen saham di bank berbasis teknologi tersebut. Model kolaborasi ini jadi yang pertama di Asia Tenggara yang akan mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

Kolaborasi strategis Gojek dan Bank Jago bertujuan untuk memperluas akses masyarakat ke layanan perbankan digital. Ke depannya, jutaan pelanggan Gojek dapat membuka rekening Bank Jago dan mengelola keuangan lebih mudah lewat aplikasi Gojek.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan investasi ini sejalan dengan visi kedua perusahaan untuk mendorong percepatan inklusi keuangan di Indonesia.


Investasi ini merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang yang akan memperkuat pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Gojek.

"Kolaborasi ini akan menjadi awal dari cara baru dalam menawarkan layanan keuangan kepada para pengguna Gojek. Melalui kolaborasi ini, kami juga dapat mengembangkan model agar bisa bermitra dengan berbagai institusi perbankan lainnya," ujar Andre berdasarkan keterangan resmi, Jumat (18/12).

Adapun pangsa perbankan digital di Indonesia sangat luas dan memiliki potensi berkembang pesat. Saat ini baru lima puluh dua persen penduduk dewasa di Indonesia atau sekitar 96 juta orang belum memiliki rekening bank (World Bank's Global Findex, 2017 and 2018).

Selain itu, lebih dari 47 juta penduduk dewasa di Indonesia juga tidak memiliki akses memadai pada kredit, investasi dan asuransi (Google, Temasek and Bain & Company; e-Conomy report 2019).

Kemudian, masyarakat Indonesia secara infrastruktur siap untuk perbankan digital, didukung dengan penetrasi smartphone di Indonesia yang mencapai hingga 70-80 persen.


Solusi Finansial Digital

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar mengatakan bahwa Bank Jago dan Gojek akan saling melengkapi.

Gojek memiliki jutaan konsumen dan mitra usaha di seluruh Indonesia, sementara Bank Jago memiliki pengalaman dan keahlian dalam memahami kebutuhan finansial masyarakat Indonesia.

"Hal ini sekaligus mewujudkan aspirasi kami yaitu meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi finansial digital yang berfokus pada kehidupan," ujar Kharim.

Sebagai informasi, kolaborasi ini juga membuat Gojek mengembangkan model serupa untuk bisa bekerja sama dengan berbagai institusi keuangan dan perbankan lainnya untuk mendukung mereka menjangkau lebih banyak konsumen.

Investasi Gojek di PT Bank Jago Tbk ini semakin menambah deretan kerja sama yang telah dilakukan Gojek dan GoPay dengan berbagai lembaga keuangan untuk menyediakan layanan keuangan kepada ekosistem Gojek sejak tahun 2017.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK