Risma, Sandiaga, Hingga Menkes Jadi Topik Populer Twitter

CNN Indonesia | Selasa, 22/12/2020 18:46 WIB
Nama menteri baru Jokowi seperti Risma, Sandiaga Uno hingga Menkes menjadi topik terpopuler di media sosial Twitter. Ilustrasi Menteri baru Jokowi. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo melakukan kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah menteri lama dicopot dan digeser posisinya, dan ada pula orang baru yang diangkat untuk membantu kerja-kerja pemerintahan hingga 2024 mendatang.

Kata kunci Menteri Baru Jokowi pun menjadi topik terpopuler media sosial Twitter. Sejumlah nama menteri baru yakni Tri Rismahari sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno, sebagai Menteri Pariwisata dan Budi Gunadi sebagai Menteri Kesehatan bertengger di tiga teratas topik terpopuler Twitter Indonesia.

Ada beragam komentar yang disampaika nnetizen perihal ketiga nama tersebut. Beberapa netizen pun berkelakar jika Jokowi mengangkat semua lawan politiknya menjadi menteri. Sebelum Sandi, Jokowi menunjuk Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan.


Beberapa netizen juga memuji langkah Jokowi yang memilih Sandiaga Uno. Warganet berharap rivalitas pilpres2019 yang mengakar hingga kini di masyarakat Indonesia segera reda usai Sandi bergabung di kabinet Jokowi.

Istilah cebong dan kampret yang menjadi sinisme dua kubu Prabowo-Jokowi pun diharapkan segera hilang.

Beragam harapan juga dituliskan netizen kepada mantan Walikota Surabaya Risma. Mereka mengharapkan sifat tempramental Risma untuk melakukan kebaikan.

Sementara itu, netizen juga mempertanyakan Menkes yang punya latar belakang ilmu fisika nuklir Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juga Direktur di Bank BUMN. Ada juga yang bersyukur akhirnya Terawan diganti. Namun ada juga netizen yang mengucapkan terima kasih atas jasa Terawan selama ini.

Menteri baru Jokowi semua diperkenalkan di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Selasa (22/12). Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Jilid 2 hasil kocok ulang atau reshuffle.

Tri Risma sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Jauh hari, Jokowi pernah menyampaikan bahwa dirinya tak sungkan untuk melakukan reshuffle. Terutama terhadap menteri atau petinggi lembaga negara yang bekerja biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (SARS-CoV-2).

Menurut Jokowi kala itu, kondisi pandemi mengharuskan para menteri untuk bekerja luar biasa. Tidak boleh bekerja seperti biasa ketika tidak ada wabah.

Reshuffle kabinet juga tak lepas dari dua menteri yang terlibat kasus dugaan korupsi. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo serta Menteri Sosial nonaktif Juliari Batubara. Keduanya kini mendekam di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).






(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK