Ryan Kaji, Youtuber 9 Tahun Berpenghasilan Rp2,8 Triliun

CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 13:01 WIB
Ryan Kaji, bocah berusia 9 tahun menjadi YouTuber yang mengulas mainan dan game dengan bayaran tertinggi tahun ini. Youtuber Ryan Kaji. (Tangkapan layar via instagram @ryansworld)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang anak laki-laki bernama Ryan Kaji berusia 9 tahun dilaporkan menjadi YouTuber dengan bayaran tertinggi tahun ini. Dia berhasil mengumpulkan uang sebanyak hampir US$30 juta atau Rp420 miliar dalam setahun lewat 'unboxing', serta mengulas mainan dan game di YouTube.

Ryan Kaji yang tinggal di Texas, Amerika Serikat menghasilkan US$29.5 juta atau Sekitar Rp418 miliar dari saluran YouTube-nya bernama Ryan's World yang memiliki 27,5 juta subscriber.

Tak hanya itu, bocah tersebut juga dikabarkan memperoleh uang sebanyak US$200 juta atau sekitar Rp2,8 triliun dari bisnis mainan dan pakaian mereknya sendiri bernama Ryan's World, termasuk piyama kerjasama dengan Marks & Spencer.


Bahkan, Kaji disebut telah menandatangani kontrak untuk serial TV-nya sendiri di Nickelodeon yang bernilai jutaan dollar.

Melansir The Guardian, Kaji yang dianggap sebagai 'influencer anak' pertama kali mulai membuat video YouTube pada Maret 2015. Kala itu, dia mengaku ingin berada di dalam video setelah menyaksikan ulasan mainan di YouTube.

Keluarganya, yang mengubah nama keluarga asli mereka, Guan, menjadi nama keluarganya di layar, Kaji, sekarang menjalankan sembilan saluran YouTube. Ryan's World adalah yang paling populer dengan subscriber sebanyak 41.7 juta dan ditonton sebanyak 12.2 miliar kali.

Melansir Images, video kaji yang paling populer, yakni Huge Eggs Surprise Toys Challenge, memiliki lebih dari 2 miliar penayangan, menjadikannya salah satu dari 60 video paling banyak dilihat yang pernah ada di YouTube.

Sebagai influencer, banyak perusahaan menghampiri Kaji sehingga dia bisa melakukan unboxing, memperkenalkan dan bermain dengan mainan terbaru di pasar, untuk dilihat anak-anak lain.

Karena popularitasnya, Kaji juga membuat produk sendiri yang dijual di Walmart, Target, dan Amazon.

Kaji bukan satu-satunya bocah yang masuk ke dalam daftar penerima bayaran tertinggi di YouTube. Ada remaja bernama Jimmy Donaldson yang berusia 22 tahun, yang lebih dikenal sebagai Mr Beast, yang mendapatkan sekitar US$24 juta atau sekitar Rp340 miliar tahun 2020.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK