TIPS OTOMOTIF

Tips Cegah Kerumunan Rest Area Kala Mengemudi di Tol

CNN Indonesia | Rabu, 30/12/2020 11:00 WIB
Masyarakat dianjurkan tidak banyak berhenti di rest area jalan tol yang akan padat selama masa liburan natal dan tahun baru 2021. Ilustrasi rest area jalan tol. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat dianjurkan tidak banyak berhenti di rest area atau tempat istirahat di jalan tol yang kemungkinan akan padat selama masa liburan natal dan tahun baru.

Masyarakat yang hendak bepergian sebaiknya melakukan persiapan terutama sebelum masuk ke jalur bebas hambatan itu. Sebaiknya hindari rest area baik untuk keperluan isi bensin atau lainnya demi mencegah kerumunan pada situasi pandemi corona (Covid-19).

Berikut panduan mengemudi aman di jalan tol selama libur natal dan tahun baru 2021.


Isi penuh bahan bakar

Untuk mencegah kerumunan dan penerapan protokol kesehatan, sebaiknya kita mempersiapkan segala sesuatu termasuk isi bensin hingga penuh terlebih dahulu sebelum masuk tol. Jika bensin sudah terisi penuh kemungkinan kita tak perlu berhenti di rest area sehingga tetap bisa melanjutkan perjalanan.

Siapkan saldo kartu elektronik sebelum keberangkatan

Syarat mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol yakni menggunakan kartu tol elektronik. Pastikan saldo pada kartu cukup sehingga kita tak perlu khawatir atau berhenti di rest area untuk melakukan isi ulang.

Saat bepergian jauh minimal siapkan dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah. Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak gampang jatuh atau tercecer.

Waspada microsleep dan aquaplaning

Mengemudi di tol juga punya tantangan tersendiri seban jalur yang dilalui biasanya bersifat monoton.

Oleh sebab itu sebagai pengemudi kita juga harus mewaspadai microsleep. Microsleep merupakan suatu kondisi dimana pengemudi mobil tertidur lelap secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu hingga 30 detik. Kondisi ini cukup untuk membuat pengemudi kehilangan kendali dan berpotensi kecelakaan.

Mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan, kita juga harus waspada terhadap aquaplaning yang dapat membuat ban mobil kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air.

Risikonya dari itu yakni mobil tidak mau dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Segera kurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati wilayah yang habis terkena hujan.

Kendalikan emosi

Semasa perjalanan pengemudi juga perlu mengendalikan emosinya. Kita tidak perlu meladeni pengguna jalan yang memancing emosi seperti menyerobot antrian di gerbang tol.

Berkendara sesuai aturan lalu lintas dan jangan berlaku seenaknya sendiri seperti pindah jalur tiba-tiba. Hindari bermain ponsel dan fokus pada kondisi jalan di depan.

Sebagai tambahan catat juga nomor darurat untuk membantu Anda jika suatu saat mengalami masalah diperjalanan.

(ryh/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK