Streaming Game akan Populer 2021

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Selasa, 05/01/2021 09:29 WIB
Sejumlah pengembang game mulai menyediakan layanan streaming untuk memainkan permainan pada smartphone. Ilustrasi streaming game di ponsel. (Foto: Istockphoto/LDProd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Permainan game pada smartphone diprediksi akan mengalami revolusi tahun ini. Sejumlah pengembang game mulai menyediakan layanan streaming untuk memainkan permainan di ponsel.

Bermain game secara streaming akan membuat pemain bisa secara langsung menyiarkan permainanya secara real-time. Pemain juga tidak membutuhkan PC, hanya smartphone yang memenuhi spesifikasi.

Melansir Tech Radar, Senin (4/1), Microsoft xCloud merupakan salah satu perusahaan yang mulai menyediakan layanan streaming game smartphone. Pemain bisa streaming game Xbox langsung ke ponsel.


Pemain dapat memainkan Halo 5, Sea of Thieves, dan Gears 5 dengan pengontrol Xbox One yang dipasang ke ponsel yang menjalankan permainan. Microsoft pun berjanji lebih dari 150 game Xbox One akan dapat dimainkan di xCloud saat benar-benar diluncurkan.

Selain itu, Google Stadia telah membiarkan pelanggan melakukan streaming game di perangkat seluler Android dan iOS. Nvidia GeForce Now juga melakukan hal yang sama.

Hambatan streaming game melalui ponsel adalah konektivitas. Stadia merekomendasikan koneksi 10Mbps ke bawah untuk menggunakan resolusi dasar. Sedangkan dengan koneksi 35Mbps bisa bermain dalam HDR 4K.

Mengutip Venture Beat, Google, Microsoft, Sony, Amazon, Nvidia, Shadow, dan Facebook semuanya pindah ke streaming game berbasis cloud. Microsoft telah meluncurkan langganan Xbox Game Pass dengan harapan bisa mengikuti jejak Netflix yang mulai menyasar game setelah menguasai streaming film dan acara TV.

Mantan direktur MIT Media Lab Nicholas Negroponte mengatakan game atau streaming film sangat menguntungkan. Secara strategis, layanan semacam itu bisa menjadi cara untuk mengumpulkan konsumen dan memusatkan kekuatan media ke tangan satu perusahaan dengan satu langganan.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK