KALEIDOSKOP 2020

Pasar Ponsel 2020 di Indonesia, Didominasi HP Murah

CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 18:05 WIB
Berbagai macam ponsel keluaran terbaru terus membanjiri pasar Indonesia sepanjang 2020 meski dihantui pandemi Covid-19. Ilustrasi pasar ponsel di Indonesia.
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai macam ponsel keluaran terbaru terus membanjiri pasar Indonesia sepanjang 2020 meski dihantui pandemi Covid-19. Mulai dari merek Amerika Serikat, China, hingga Korea menghujani Indonesia dengan ponsel andalan mereka.

Pengiriman ponsel di Indonesia pada kuartal II 2020 tercatat turun sejak 2016. Penurunan diprediksi imbas pandemi Covid-19.

IDC mencatat pengiriman ponsel pada kuartal II 2020 turun 6 persen secara year-on-year (YoY) dan 3 persen quarter-on-quarter (QoQ). Total pengiriman ponsel pada Q2 ke Indonesia sebanyak 7,1 juta unit.


IDC mencatat peningkatan permintaan ponsel kelas low-end sebesar 75 persen pada Q2 2020. Angka ini meningkat dari angka 48 persen pada Q2 2019. Diprediksi pertumbuhan ponsel low-end ini muncul setelah diberlakukannya pembelajaran jarak jauh akibat Covid-19.

Orang tua dan siswa diduga mencari ponsel-ponsel dengan harga ekonomis, namun spesifikasi cukup bisa diandalkan guna mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Kendati demikian, cukup banyak ponsel dirilis di Indonesia tahun ini yang cukup menarik perhatian. Berikut daftar ponsel yang diluncurkan di Indonesia sepanjang 2020:

1. Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 dengan harga Rp4,4 juta adalah salah satu pilihan terbaik di daftar ini, khususnya bagi Anda yang hobi bermain game atau bermultimedia. Hal itu karena HP ini menampilkan panel Super AMOLED Plus Full HD yang membentang seluas 6,7 inci. Desain tampilannya juga menarik dengan tepian yang sangat tipis dan kamera punch-hole di bagian tengah atas.

Samsung Galaxy A71 masuk ke pasar Indonesia pada bulan Januari 2020.

Selain menawarkan desain yang berkualitas, HP ini-seperti kebanyakan HP Samsung yang lain-juga memiliki kualitas bangunan yang baik. Bagian dalamnya juga dibuat bertenaga dengan dukungan Snapdragon 730G yang merupakan salah satu chipset kelas menengah yang unggul.

Di bagian pecintraan, Samsung menyiapkan empat buah kamera di bagian belakang yang secara keseluruhan memiliki kinerja yang baik, apakah itu untuk memotret maupun merekam. Sektor daya juga menjadi bagian yang menonjol dari Samsung Galaxy A71. Dengan kapasitas 4500 mAh, daya tahan baterai HP ini tergolong sangat bagus.

2. Huawei nova 5T

Di bulan berikutnya, Huawei nova 5T dijual Rp6,9 juta juga merupakan pilihan yang bagus di segmen harga ini. HP memiliki desain yang tampak muda dengan pilihan warna cerah yang keren. Bagian depan HP ini mengusung konsep punch hole di mana lensa kamera diletakkan di area layar di bagian kiri atasnya.

HP ini ditenagai prosesor Kirin 980 dengan proses manufaktur 7 nm yang merupakan salah satu rangkaian chipset unggulan yang dimiliki Huawei. Ditopang RAM yang besar, Huawei nova 5T menawarkan kinerja yang handal dan cepat di kelasnya. Dilansir situs resminya, Huawei melengkapi dapur pacunya tersebut dengan GPU Turbo yang berfungsi meningkatkan kinerja CPU dan GPU.

Kamera merupakan daya tarik utama lain dari HP ini. Secara keseluruhan, kinerja kamera Huawei nova 5T bisa dibilang cukup memuaskan, baik untuk memotret maupun merekam. Untuk daya, Huawei membekali produknya ini dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar serta mendukung pengisian 22.5W.

3. Realme 6 Pro

Realme 6 Pro adalah rekomendasi lainnya di daftar ini yang layak Anda pertimbangkan, terutama jika Anda hobi selfie. HP ini hadir dengan pengaturan empat kamera di bagian belakang yang dilengkapi dengan lensa telefoto. Sementara itu, di bagian depat terdapat dua modul kamera yang salah satunya adalah lensa ultrawide.

Ponsel ini masuk ke Indonesia pada Maret 2020 bersamaan dengan Oppo A91 dan Samsung Galaxy M10.

Kamera adalah nilai plus dari Realme 6 Pro. Secara keseluruhan, kemampuan kamera HP ini dapat diandalkan dengan baik, khususnya untuk memotret, dengan kekurangan yang tergolong minor. Bahkan Anda mungkin sulit menemukan HP di kelas harga yang sama menawarkan pengaturan kamera sebagus Realme 6 Pro.

Bagian lain yang menarik dari HP ini adalah laju penyegaran 90Hz-nya untuk tampilan yang lebih halus. Sementara itu, di bagian dalam tersemat chipset yang kuat yang memiliki performa yang hebat di kelasnya. Begitu pula dengan baterainya yang berkapasitas besar dan mendukung teknologi pengisian cepat yang mumpuni.

Realme 6 Pro dengan ram 8GB+128GB dijual dengan harga Rp4,499 juta. Sedangkan 6 dengan ram 4GB+128GB dijual dengan harga Rp3,399 juta dan 8GB+128GB seharga Rp3,799 juta.

4. Oppo A91

Oppo A91 dijual. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari OPPO A9 yang artinya kamu dapat mengekspektasikan berbagai peningkatan dari segi fitur dan speknya.

Dengan layar berukuran 6,4 inci serta memori internal 128 GB, HP ini seolah dibuat khusus bagi Anda yang berniat menonton koleksi series dan film kesukaan. Untungnya lagi, ada slot khusus microSDXC supaya tidak perlu mengorbankan kartu SIM kedua.

Ditambah lagi, RAM-nya yang sudah 8 GB menjamin Anda yang sibuk untuk terus menggunakan HP tanpa menjadikannya lemot. Tidak lupa, OPPO A91 juga memiliki kapasitas baterai 4025 mAh yang hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya hingga persen, berkat kehadiran VOOC Flash Charge 3.0 (30W).

5. Samsung Galaxy M10

Di Maret, Samsung Galaxy M10 dijual dengan harga Rp2,7 juta. Secara spesifikasi mungkin ada di bawah beberapa kompetitornya, namun HP ini layak dijadikan pilihan karena menawarkan kualitas rancangan yang baik.

Sesuai dengan harganya, HP ini dibekali dengan spesifikasi yang mampu mengakomodir kebutuhan sehari-hari penggunanya, termasuk berkomunikasi, menjalan hiburan sederhana, berselancar di dunia maya, membuka media sosial dan lain sebagainya.

Meski teknologi layarnya bukan IPS, namun PLS LCD disebutkan memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan IPS LCD, seperti lebih hemat daya, memiliki kontras yang lebih tinggi, dan menawarkan kualitas gambar yang ditingkatkan.

HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK