TIPS OTOMOTIF

Cara Bersihkan Jok Kulit Mobil Agar Tetap Kinclong

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 08:30 WIB
Material kulit sebagai pembungkus seperti jok, dasbor, door trim, knob persneling juga perlu perawatan. Material kulit butuh perawatan khusus agar tidak kusam. (Foto: Istockphoto/kenneth-cheung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Material kulit merupakan salah satu material yang biasa digunakan untuk melapisi interior mobil seperti jok, dasbor, door trim, knob persneling. Alasannya karena material kulit memberi kesan mewah pada interior mobil.

Kendati memberikan kesan mewah, namun material kulit sebagai pembungkus jok juga perlu perawatan. Harus dipahami seiring penggunaan mobil, jok kulit pasti akan kusam, sehingga pemilik perlu membersihkannya.

Berikut cara tepat untuk membersihkan jok kulit pada mobil:


Gunakan cairan khusus

Idealnya, membersihkan jok kulit cukup dengan menyeka menggunakan lap dan air bersih. Selain itu kita juga dapat menggunakan cairan pembersih yang cocok dengan bahan kulit mobil bila kotoran membandel.

Umumnya, cairan pembersih itu berbentuk pasta. Sebab bila menggunakan pembersih berbentuk cairan dapat menyebabkan kulit cepat rusak dan timbul jamur.

Kemudian, jangan menggunakan kain berbahan kasar saat mengelapnya karena dapat membuat bahan kulit tergores, bahkan mengelupas.

Gunakan sikat lembut

Untuk kotoran membandel, menimbulkan bekas, dan menempel pada jok kulit, pemilik mobil bisa gunakan sikat yang dipadukan pembersih. Ada baiknya memilih sikat yang lembut seperti sikat gigi dengan bulu halus diujungnya.

Cara menyikatnya juga tidak boleh terlalu keras. Tekanan dan sikatan tidak perlu menggunakan tenaga, karena berpotensi merobek lapisan kulit. Bila sudah bersih, lap kembali jok kulit hingga bersih dan jangan biarkan ada sisa cairan pembersih menempel.

Manfaat sampo

Cara membersihkan jok kulit lainnya menggunakan sampo khusus bayi. Kandungan pH yang seimbang serta kelembutan pada sampo bayi membuatnya aman serta tidak mengikis lapisan permukaan kulit.

Namun, untuk perawatan kita disarankan hanya membersihkan jok kulit jika kondisinya kotor saja. Karena kalau cukup sering dibersihkan beresiko membuat warna kulit kusam.

Selain itu kita dapat menjaga kualitas dan tampilan jok kulit dengan melakukan coating sebagai perlindungan tambahan. Tak disarankan juga parkir mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena beresiko membuat jok kulit menjadi kering dan pecah-pecah, demikian mengutip Seva.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK