TIPS TEKNOLOGI

Cara Hilangkan Goresan di Layar Ponsel

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 04:01 WIB
Goresan pada layar ponsel bisa dihilangkan dengan beberapa cara, asal goresan pada layar ponsel tidak terlalu dalam. Goresan di layar ponsel bisa dihilangkan dengan beberapa cara seperti menggunakan cairan khusus. (Foto: (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika))
Jakarta, CNN Indonesia --

Goresan pada layar ponsel sangat menyebalkan. Terlebih hal ini kerap terjadi pada ponsel yang belum memiliki fasilitas gorilla glass atau lapisan antilecet pada layar ponsel.

Namun di beberapa ponsel yang sudah memiliki fasilitas yang baik, lecet dan goresan pada layar sering terjadi. Dampaknya, mempengaruhi fungsi layar sentuh ketika hendak membuka ponsel.

Tidak hanya menghambat penggunanya, hal ini juga dinilai tidak sedap dipandang dan dapat mengganggu kesempurnaan tampilan layar. Lantas bagaimana cara memperbaiki goresan atau lecet pada layar gawai.


CNNIndonesia.com menyajikan beberapa cara menghilangkan baret di layar ponsel:

1. Gunakan pasta gigi

Melansir gadgetgone, cara ini dinilai simple dan murah karena bahan yang digunakan tidak sulit dicari dan cara penggunanya pun dinilai cukup mudah.

Pengguna disarankan pilih pasta gigi biasa yang bukan berbahan dasar gel, lalu oleskan ke bahan yang lembut seperti kapas atau kain berserat lembut. Setelah itu gosok perlahan dalam waktu 3-5 menit pada bagian yang lecet pada layar ponsel.

2. Penghapus

Penghapus yang dimaksud merupakan penghapus berbahan karet, yang umumnya digunakan untuk membersihkan goresan tinta atau pulpen pada kertas.

Dengan menggosokkan penghapus ini pada goresan atau lecet pada layar secara perlahan, diyakini dapat menghilangkan goresan tipis yang masih dangkal. Jika goresan tinta cukup dalam, cara ini sebaiknya tidak dilakukan. Karena tidak membantu untuk menghilangkan goresan.

3. Soda kue

Cara hilangkan baret di layar ponsel lainnya adalah dengan menggunakan soda kue. Cara ini diklaim dapat menghilangkan goresan pada layar ponsel, dengan cara mencampur 1 sendok air, dan 1 sendok bubuk soda. Lalu oleskan pada layar ponsel.

4. Cairan poles bodi mobil

Jika bodi mobil lecet, biasanya beberapa orang akan melakukan poles dengan menggunakan cairan khusus. Cairan ini juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan goresan-goresan pada layar gawai.

Tuangkan cairan ini di kain bersih yang memiliki permukaan halus, dan gosokkan ke layar ponsel secara perlahan. Cara ini bisa diklaim dapat mengangkat goresan-goresan tipis.

5. Tutupi goresan dengan pelindung layar

Jika pengguna ponsel tidak ingin ambil risiko dengan metode yang disebutkan, namun tidak ingin menghabiskan uang untuk memperbaikinya, maka dapat menutup goresan dengan pelindung layar.

Cara ini bisa ditempuh bagi yang ingin menjaga layar smartphone agar tidak terjadi keretakan kembali. Dengan cara ini goresan kecil akan nampak hilang, karena tertutup oleh pelindung.

Disarankan untuk memilih pelindung layar yang antipanas, dan antipatah atau antirusak mengutip Cnet.com.

(mik/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK