TIPS TEKNOLOGI

Tips Agar Postingan Instagram Tidak Dihapus

CNN Indonesia
Senin, 21 Dec 2020 06:41 WIB
Instagram dapat menghapus konten dan memblokir postingan yang dianggap sebagai pelanggaran penggunaan secara sepihak. Ilustrasi Instagram. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram memperketat aturan kepada penggunanya agar tidak menyebarkan informasi palsu atau hoaks hingga yang berbau provokasi. Belakangan, nama politikus senior Amien Rais menjadi ramai lantaran postingannya yang menyinggung Front Pembela Islam (FPI) dan gerakan Islam dihapus oleh Instagram.

Melansir laman Ketentuan Penggunaan di Instagram, terdapat beberapa informasi yang berkaitan dengan kriteria penghapusan postingan, yang dapat dilakukannya secara sepihak berdasarkan laporan dan beberapa aturan yang ada di dalamnya.

Instagram menganggap, ketentuan penggunan ini mengatur para penggunanya untuk menyetujui, pada saat membuat dan menggunakan akun Instagram.


Berikut beberapa cara aman agar postingan di Instagram tidak dihapus:

1. Tidak boleh melakukan pelanggaran hukum

Dalam aturan ini, Instagram tidak memperbolehkan penggunanya melakukan pelanggaran hukum yang postinganya menyesatkan, menipu, hingga melakukan perbuatan untuk tujuan yang ilegal atau dilarang aturan hukum di Indonesia.

2. Tidak boleh menyamar atau memberikan informasi tidak akurat

Instagram tidak mengharuskan penggunanya untuk mengungkapkan indentitas sebenarnya di Instagram. Namun informasi pengguna yang diberikan pengguna kepada Instagram harus akurat.

3. Tidak boleh merusak operasi layanan

Pengguna Instagram tidak diperbolehkan melakukan hal apapun yang dapat mengganggu dan merusak operasi layanan. Termasuk menyalahgunakan fitur pelaporan dan sengketa untuk membuat laporan palsu atau banding palsu yang tidak mendasar.

4. Tidak boleh memposting rahasia pribadi dan orang lain

Pihak Instagram tidak mengizinkan penggunanya memposting informasi pribadi maupun orang yang bersifat rahasia, tanpa izin dan melanggar hak orang lain.

Dalam hal yang disebutkan berupa hak cipta produk, merek dagang dan kekayaan intelektual lainnya. Pengguna dapat menggunakan karya orang lain, sesuai dengan batasan-batas yang ada dalam perundang-undangan.

5. Tidak diperbolehkan menggunakan nama domain pada akun pengguna

Pemilik akun Instagram tidak diperbolehkan menggunakan nama domain atau URL pada nama pengguna, tanpa persetujuan dari pihak Instagram.

Lebih lanjut Instagram menjelaskan, bagaimana pihaknya dapat menghapus postingan hingga berujung penonaktifan atau penghentian akun.

Postingan yang dapat dihapus Instagram:

Instagram menjelaskan beberapa aturan yang dianggap sah untuk dihapus. Hal ini terjadi apabila penggunanya melakukan postingan yang melanggar beberapa aturan komunitas, seperti pelanggaran terorganisir, merupakan grup penebar kebencian, bentuk postingan yang isinya ancaman serius hingga konten yang berbau terorisme.

Instagram dapat menghapus konten dan memblokir postingan yang dianggap sebagai pelanggaran penggunaan.

Seperti postingan yang berisiko menyeret Instagram ke ranah hukum, melanggar hak kekayaan intelektual orang lain, diwajibkan secara hukum untuk melakukan penghapusan postingan tersebut, serta mematuhi permintaan dari lembaga hukum atau lembaga pemerintahan.

Konten yang dihapus akan disimpan oleh Instagram, hingga waktu yang diperlukan dan dianggap selesai untuk disimpan.

Sebelumnya terdapat dua postingan di akun Instagram politikus Amien Rais yang dihapus oleh pihak Instagram. Berdasarkan pengamatan CNNIndonesia.com, postingan tertanggal Senin (14/2) dan postingan hari Rabu (16/2) di-take down oleh Instagram.

Dalam dua postingan tersebut, Instagram menyebut akun pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu telah melanggar pedoman penggunaan Instagram. Postingan juga dihapus karena memiliki tendensi berbahaya yang merugikan.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER