10 Pilihan Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 11:57 WIB
Terdapat sejumlah aplikasi penerjemah dengan kemampuan dan fiturnya pun beragam. Berikut daftar aplikasi translator alternatif Google Translate. Terdapat sejumlah aplikasi penerjemah dengan kemampuan dan fiturnya pun beragam. Berikut daftar aplikasi translator alternatif Google Translate. (Foto: iStockphoto/Anatoliy Sizov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sampai saat ini, Google Translate masih menjadi pilihan banyak pengguna internet di penjuru dunia sebagai alat penerjemah, baik berupa situs ataupun aplikasi ponsel.

Namun, faktanya Google Translate bukan satu-satunya alat penerjemah. Ada sepuluh alternatif aplikasi dan situs penerjemah selain Google Translate yang bisa menjadi pilihan untuk Anda dikutip Bit.Ai dan sumber-sumber lainnya.

Google Translate juga selalu berupaya melakukan pembaruan fitur demi meningkatkan kualitas layanannya, mulai dari teknologi pengenal suara, hingga teks berupa gambar.


Terjemahan yang dinaungi oleh Google ini sudah memiliki database hingga 103 bahasa di dunia, termasuk bahasa daerah di Indonesia seperti Jawa dan Sunda. Tak heran bila hal ini membuat Google Translate diminati oleh banyak orang.

Berikut 10 situs dan aplikasi translator alternatif Google Translate dengan fitur yang memberikan hasil terjemahan akurat:

1. Microsoft Translator

Microsoft Translator menawarkan dua versi yaitu business dan personal. Aplikasi ini tersedia di sistem operasi Windows, iOS, dan Android.

Microsoft Translator dapat membantu Anda menerjemahkan gambar, tangkapan layar, teks, dan terjemahan suara untuk lebih dari 60 bahasa. Selain itu, terjemahan dapat diunduh berbentuk dokumen dan dapat pula dibaca secara offline.

Microsoft Translator menawarkan integrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti MS Office dan Skype, bahkan Microsoft Translator juga tersedia di jam tangan pintar (smartwatch).

2. iTranslate

Aplikasi dan situs alternatif Google Translate berikutnya adalah aplikasi iTranslate yang dikembangkan oleh perusahaan Sonico Mobile. Aplikasi ini membantu Anda menerjemahkan teks, situs web atau kata-kata pencarian dengan makna bahkan konjugasi kata kerja lebih dari 100 bahasa.

Aplikasi iTranslate dibuat untuk semua jenis sistem operasi seperti Windows, iOS, Mac, Google Play, dan Kindle fire. Alternatif Google Translate ini merupakan perangkat lunak yang dapat menerjemahkan apa pun hanya dengan mengetik teks atau ucapan voice-to-voice.

3. Linguee

Translate learn language internet online application keyboardTerdapat sejumlah alternatif aplikasi dan situs penerjemah selain google translate. (Foto: iStockphoto/alexsl)

Linguee merupakan layanan berbasis web yang diluncurkan tahun 2009, yang memungkinkan Anda menerjemahkan kata atau kalimat tunggal sebagai pengganti paragraf dan mendukung lebih dari 25 dialek.

Mirip dengan penerjemah bahasa lainnya, Anda juga dapat menggunakannya secara offline. Sayangnya, perangkat lunak ini hanya mendukung tiga bahasa yaitu Prancis, Jerman, dan Belanda.

4. Babylon Translator

Babylon memiliki 1.700 glosarium dan kamus dalam berbagai bahasa. Situs terjemahan ini sudah ada sejak 19 tahun yang lalu dan diklaim dapat memberikan hasil yang akurat dalam hal tesaurus atau kamus.

Tidak seperti perangkat lunak terjemahan lainnya, Babylon menerjemahkan dokumen berupa MS Office tanpa menghilangkan format aslinya. Babylon memungkinkan Anda menerjemahkan lebih dari 77 bahasa termasuk Inggris dan Belanda.

5. Reverso Translation

SHANGHAI, CHINA, DECEMBER - 2018 - Man using google translate to read chinese letters at people square, shanghai, chinaFoto: istockphoto/Rudimencial
Sejumlah aplikasi dan situs bisa jadi alternatif penerjemah selain google translate.

Reverso Translation adalah software intuitif lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan Softissimo Inc. Perangkat lunak ini diklaim telah digunakan lebih dari enam juta pengguna di seluruh dunia.

Anda dapat belajar tentang kata dan ekspresi dengan mudah ke dalam berbagai macam bahasa seperti Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Polandia, Ibrani, Italia, Arab, dan lainnya.

Reverso Translation adalah penerjemah yang juga dapat memungkinkan Anda mencari frasa idiomatik dan kata-kata sugestif saat mengetik teks.

Dengan Reverso, Anda dapat membagikan hasil terjemahan Anda dengan orang lain baik melalui email maupun media sosial seperti Twitter, Facebook dan lainnya.

6. TripLingo Translator

TripLingo adalah salah satu aplikasi terbaik yang kerap digunakan wisatawan asing. Anda dapat mempelajari frasa penting, menerjemahkan catatan suara Anda dengan cepat. Selain itu Anda juga mendapatkan kursus singkat tentang budaya lokal saat bepergian ke berbagai negara.

TripLingo mendukung terjemahan berbasis suara dan teks dalam lebih dari 42 bahasa. Adapun fitur yang menarik adalah alat penerjemah ini menyediakan nomor darurat 911.

7. Memsource

Memsource adalah platform terjemahan berbasis cloud yang dibangun untuk mendukung penerjemah yang aman dan lancar.

Perangkat lunak ini menawarkan alat terjemahan yang intuitif bagi mereka yang menggunakan untuk mendukung produktivitas kerja.

8. Yandex Translate

Yandex TranslateYandex Translate merupakan alternatif aplikasi dan situs penerjemah selain Google Translate (Foto: Yandex Translate)

Memiliki tampilan sama seperti Google Translate, Yandex Translate juga dipercaya sebagai salah satu situs penerjemah terbaik dan akurat berasal dari Rusia. Yandex sendiri juga bisa dikatakan sebagai 'Google'-nya Rusia.

Yandex Translate juga memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama dengan penerjemah yang lainnya. Yakni menerjemahkan kata atau kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.

Tampilan dari Yandex Translate juga terlihat sederhana dengan nuansa kuning. Untuk mengakses Yandex Translate bisa melalui dua cara yaitu situs ditranslate.yandex.comdan aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

9. Translate.com

Situs penejermah yang tidak kalah akurat yaitu Translate.com. Situs ini menawarkan penerjemahan dari satu bahasa ke bahasa lain seperti layanan penerjemah pada umumnya dengan cara yang praktis dan sederhana.

Translate.com menyediakan tiga macam cara yang bisa dipilih untuk menjermahkan yaitu gambar, suara, dan teks.

Selain itu, dokumen asing juga dapat diterjemahkan langsung dengan memotret dan mengunggah ke dalam situs tersebut. Kemudian secara otomatis, situs tersebut akan langsung menerjemahkan kata-kata yang ada di dalam foto tersebut.

10. Bing Translator

Salah satu pesaing Google yaitu Bing juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan fitur penerjemah yang diberi nama Bing Translator. Bing Translator diketahui menjadi layanan penerjemah terbaik selain Google Translate.

Uniknya, keakuratan Bing Translator lebih memadai dalam beberapa kasus penerjemahan sebuah kalimat dibanding Google Translate.

Melalui Bing Translator, pengguna juga dapat memasukkan URL dari sebuah situs yang ingin diterjemahkan. Hal ini tentu lebih praktis dan mudah untuk dilakukan. Untuk menggunakan Bing Translator bisa mengunjungi situs dibing.com/translator.

Itulah sepuluh alternatif situs dan aplikasi translator alternatif Google Translate yang bisa Anda gunakan jika ingin mendapatkan pengalaman serta fitur yang berbeda.

(din/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK