Italia Tertarik Beli Grup Otomotif Terbesar ke-4 Dunia

CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 01:15 WIB
Stellantis, grup otomotif terbesar ke-4 di dunia adalah hasil merger antara Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan PSA Group. Logo Stellantis. (media.groupe-psa.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Italia kemungkinan bakal membeli sebagian saham Stellantis, perusahaan merger antara Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan PSA Group. Hal ini disampaikan Antonio Misiani, Plt Menteri Perekonomian Italia, yang mengatakan hal itu bisa terwujud melalui konsensual.

"Ada kemungkinan kehadiran negara Italia di grup baru itu, mirip pemerintah Prancis, tidak bisa dan tidak boleh menjadi tabu," kata Misiani kepada La Repubblica pada Rabu (6/1) yang diberitakan oleh Auto News.

Misiani menjelaskan alasan Italia tertarik membeli saham Stellantis, yaitu karena perusahaan ini terlibat dalam pandangan pemerintah atas perkembangan ketenagakerjaan dan industri. Dia bilang potensi investasi akan dilakukan dalam kondisi tertentu 'yang sekarang belum ditetapkan'.


Pihak FCA dan PSA menolak berkomentar atas informasi ini.

Pemerintah Prancis yang saat ini sebagai salah satu pemegang saham terbesar PSA akan mendapatkan 6,2 persen saham Stellantis melalui bank Bpifrance setelah merger selesai.

Exor, perusahaan keluarga Agnelli pemilik saham terbesar FCA, akan memegang 14,4 persen saham Stellantis.

Merger antara FCA dan PSA telah disetujui pemegang saham masing-masing pada Senin (4/1). Merger ini dikatakan bakal selesai pada 16 Januari.

Stellantis adalah grup otomotif terbesar ke-4 di dunia. Grup ini membawahi berbagai merek asal Amerika Serikat, Italia, dan Prancis seperti Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Citroën, Dodge, DS, Fiat, Jeep, Lancia, Maserati, Opel, Peugeot, Ram, dan Vauxhall.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK