5 Cara Cek Arah Kiblat di Wilayah Indonesia Timur Besok Pagi

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 20:23 WIB
BMKG meminta umat Islam di Wilayah Indonesia Timur untuk mengecek arah Kiblat Kamis 14 Januari karena matahari tepat di atas Ka'bah. Ilustrasi Ka'bah kiblat solat umat Islam. (AFP PHOTO / Bandar Al-DANDANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan matahari akan tepat berada di atas Ka'bah pada Kamis, 14 Januari 2021. BMKG menyebut bagi umat Islam yang sedang berada di Wilayah Indonesia Timur (WIT), besok merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi terhadap arah kiblat.

Kalibrasi kiblat ini merupakan cara untuk mencocokkan kembali arah Salat umat tepat menghadap Ka'bah yang berada di Mekah, Arab Saudi.

"Untuk Wilayah Indonesia Timur, ayo cek kembali arah kiblatmu pukul 06.29 WIT," tulis @BMKG, Rabu (13/1).


BMKG membeberkan proses kalibrasi arah kiblat bisa dilakukan umat Islam dengan sejumlah cara:

Pertama, Sesuaikan jam yang akan digunakan kalibrasi arah kiblat. Sesuaikan dengan jam atom BMKG di situs jam BMKG, atau ntp BMKG.

Kedua, gunakan benda yang tegak lurus dengan tanah yang datar. Benda lurus bisa berupa bandul, yang digantung, tiang pancang atau bangunan.

Ketiga, Lakukan proses kalibrasi sejak 5 menit sebelum waktunya hingga 5 menit sesudahnya dengan puncak kalibrasi pada 06.29 WITA.

Infografis Cara Cek Arah Kiblat Kala Matahari di Atas KabahInfografis Cara Cek Arah Kiblat Kala Matahari di Atas Kabah

Keempat, perhatikan arah bayangan dari benda yang digunakan untuk kalibrasi. Kelima, tarik garis lurus dari posisi benda hingga ujung bayangan.

Garis yang ditarik tersebut yang menjadi arah kiblat yang sudah dikalibrasi dengan posisi Matahari, tepat saat berada di bawah Ka'bah.

[Gambas:Instagram]

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK