Sesuaikan Aturan Anies, BMW dan Mercy Sediakan Uji Emisi

fea, CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 12:24 WIB
Layanan uji emisi di bengkel resmi tersedia gratis buat pelanggan, namun ada juga yang dikenakan biaya. Layanan uji emisi di dealer Mercedes-Benz. (Mercedes-Benz Distribution Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

BMW dan Mercedes-Benz bergerak menyediakan layanan uji emisi di bengkel resmi buat membantu pelanggan mobil mewah mereka memenuhi aturan yang sudah ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yakni Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020.

Dalam peraturan itu mobil dan sepeda motor berusia lebih dari tiga tahun yang beredar di Jakarta mesti lulus uji emisi sesuai syarat yang sudah ditentukan. Aturan ini diterapkan pada 24 Januari dan punya sanksi pemberian tarif parkir tertinggi dan penegakan tilang buat pelanggar.

BMW mengumumkan lebih dulu pada 5 Januari menyediakan layanan uji emisi di dealer BMW Astra Cilandak, di Jalan R. A. Kartini Kav. 203, Jakarta Selatan.


Lantas Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) mengumumkan pada Senin (18/1) menyediakan layanan itu di enam dealer di Jakarta.

Dealer Mercedes-Benz itu adalah Cakrawala Automotif Rabhasa (Jakarta Selatan), Dipo Angksa Motor (Jakarta Utara), Mercindo Autorama (Jakarta Selatan), Panji Rama Otomotif (Jakarta Selatan), Putra Borneo Nusantara Indah (Jakarta Selatan), dan Suri Motor Indonesia (Jakarta Selatan).

Sama seperti uji emisi BMW, layanan Mercedes-Benz terkoneksi dengan Pusat Data dan Sistem Informasi Uji Emisi yang dapat diakses Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk pemeriksaan. Pelanggan yang sudah melakukan lulus uji emisi diberikan sertifikat untuk pengesahan.

"Hal ini merupakan wujud komitmen Mercedes-Benz dalam mendukung program pemerintah serta mendukung kebutuhan para pelanggan kami," kata Choi Duk Jun, Presiden Direktur MBDI dalam keterangan resmi.

Selain BMW dan Mercedes-Benz, dealer merek Jepang, Honda dan Toyota, juga sudah menyediakan layanan uji emisi pada bulan ini.

Honda Prospect Motor mengatakan semua bengkel resmi di Jakarta menyediakan layanan uji emisi, fasilitas ini juga bisa dilakukan pada mobil merek lain.

Auto2000, jaringan dealer terbesar Toyota di dalam negeri, menjelaskan memberikan layanan uji emisi di dealer Jakarta. Konsumen disebut mendapatkan layanan gratis uji emisi jika melakukan servis berkala, namun jika terpisah dikenakan Rp150 ribu.

Sebelum aturan berlaku pada 24 Januari, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan layanan uji emisi gratis, yaitu pada 18 Januari di Waduk Pluit, Jakarta Utara dan 21 Januari di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK