Daftar Rumor soal iPhone 13

CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 13:50 WIB
Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 13 pada 2021. Ada sejumlah bocoran mengenai peluncuran iPhone 13 itu. Berikut rinciannya. Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 13 pada tahun ini. Ilustrasi. (dok. screenshot Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple hampir pasti akan meluncurkan iPhone 13 pada 2021 ini. Ada sejumlah bocoran mengenai iPhone 13 yang mungkin benar-benar dihadirkan oleh Apple saat peluncuran nanti.

Pertama, menyangkut desain

Melansir Mac Rumors, Apple diperkirakan akan terus menawarkan empat model iPhone pada 2021, tanpa perubahan ukuran. Jadi, konsumen akan menemukan desain iPhone 13 seperti iPhone 12.


Pada 2020 lalu, Apple meluncurkan empat model Iphone 12, yakni mini 5,4 inci, iPhone 12 6,1 inci, model Pro 6,1 inci, dan model Pro Max 6,7 inci.

Model iPhone 2021 diperkirakan tidak akan menampilkan perubahan desain besar karena model iPhone 2020 menandai perombakan teknologi dan desain yang signifikan. Teknisi Apple menganggap iPhone 2021 sebagai versi 'S' dari model 2020.

Apple di masa lalu menggunakan nomenklatur 'S' untuk iPhone yang menampilkan pembaruan yang lebih kecil. Menurut situs Jepang Mac Otakara, iPhone baru akan memiliki ukuran yang sama dengan model iPhone 12, tetapi ketebalannya bisa bertambah sekitar 0,26 mm.

Kedua, soal tombol eksternal atau port yang dihilangkan

Apple sejak lama disebut ingin membuat iPhone tanpa port atau tombol eksternal. Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan pada 2019 bahwa Apple akan merilis iPhone kelas atas pada 2021 yang menawarkan pengalaman nirkabel sepenuhnya dengan cara meniadakan port Lightning.

IPhone semacam itu mungkin akan mengisi daya hanya menggunakan pengisian nirkabel berbasis Qi, tetapi itu akan membutuhkan beberapa peningkatan signifikan dalam kecepatan pengisian nirkabel.

Sebuah rumor mengindikasikan kemungkinan bahwa Apple mungkin akan mengadopsi Smart Connector untuk iPhone 2021. Itu memungkinkan pengisian, transfer data, dan sinkronisasi tanpa port Lightning.

Bloomberg mengatakan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk menghapus port Lightning pada beberapa model iPhone demi pengisian nirkabel.

Ketiga, notch rendah

Kamera TrueDepth pada iPhone baru dikabarkan akan lebih dangkal karena penerima di bagian atas layar dipindahkan ke tepi casing. Hal itu akan memungkinkan desain yang lebih tipis daripada lebih pendek.

Notch juga mungkin memiliki ketinggian yang dikurangi agar tidak terlalu terlihat dan lebih bisa berbaur dengan bagian atas iPhone. Desain kamera baru dikatakan mengintegrasikan Rx, Tx, dan flood illuminator ke dalam modul kamera yang sama untuk memungkinkan ukuran Notch yang lebih kecil.

Keempat, soal touch ID

Analis Apple Ming-Chi Kuo percaya Apple sedang mengerjakan iPhone dengan Face ID dan sensor sidik jari di layar untuk diluncurkan pada tahun 2021. Kemampuan itu mungkin tersedia untuk salah satu model iPhone 13.

Kelima, soal refresh rate 120Hz

Rumor beredar menyebut bahwa refresh rate 120Hz bakal hadir pada tahun 2021 setelah awalnya diprediksi tersedia pada iPhone 12.

Untuk menerapkan refresh rate 120Hz pada iPhone, Apple disebut perlu mengadopsi teknologi layar LTPO. Setidaknya dua model iPhone 2021 akan menggunakan layar OLED dengan teknologi backplane LTPO berdaya rendah, yang akan membuka jalan untuk refresh rate 120Hz.

LTPO menawarkan bidang belakang yang lebih hemat daya, yang mengaktifkan dan menonaktifkan setiap piksel pada layar, dan memungkinkan masa pakai baterai yang lebih baik.

Keenam, soal kamera LiDAR

Melansir Apple Insider, Desain kamera LiDAR yang ada pada varian pro iPhone 11 dan 12 dikatakan akan dibawa ke jajaran iPhone Pro 2021 juga. Seorang pembocor yang dikenal sebagai Fudge di Twitter telah membagikan gambar menampilkan iPhone 2021 akan memiliki sistem 4 kamera plus LiDAR.

Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa kamera ultra lebar akan ditingkatkan di iPhone 2021 dengan aperture f1.8 dan lensa 6P yang akan sangat meningkatkan kualitas foto dalam cahaya rendah.

Sumber mengatakan bahwa LiDAR mungkin datang ke semua model iPhone masa depan. Hal itu sejalan dengan harapan Apple untuk membuat pengalaman AR menjadi lebih baik bagi semua pengguna.

Ketujuh, soal 5G

Apple dikabarkan bakal terus menghadirkan teknlogi 5G setelah seluruh jajaran iPhone 12 memiliki teknologi tersebut.

Karena 5G semakin tersebar di mana-mana, Apple ingin orang-orang yang bepergian memiliki akses ke kecepatan yang sama dengan yang mereka temukan di rumah, sehingga perluasan dukungan 5G secara global adalah hal yang wajar. 5G dalam kondisi ideal dapat menawarkan kecepatan unduh hingga 3,5Gbps.

Rumor lain menyampaikan Apple akan menggunakan chip 5nm + A15 untuk iPhone 2021, dengan chip akan diproduksi oleh TrendForce.

Apple juga akan menggunakan modem 5G generasi ketiga Qualcomm Snapdragon X60 yang diluncurkan pada awal tahun 2020. Kemudian, Analis Barclays yakin model iPhone 13 akan mendukung WiFi 6E, yang menawarkan fitur dan kemampuan WiFi 6 yang diperluas ke pita 6GHz.

WiFi 6 memberikan kinerja yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kecepatan data yang lebih cepat, sedangkan spektrum tambahan WiFi 6E menawarkan peningkatan bandwidth pada pita WiFi 2.4 dan 5GHz yang ada.

(panji/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK