TIPS OTOMOTIF

Cara Rawat Helm Usai Kehujanan, Keringkan Pakai Kipas Angin

fea, CNN Indonesia | Rabu, 03/02/2021 07:42 WIB
Mengeringkan helm dengan cara pakai kipas angin tak bisa buru-buru agar hasilnya optimal. Ilustrasi berkendara saat hujan. (Istockphoto/Bubbers13)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat berkendara dalam kondisi hujan, helm yang berhadapan langsung dengan air kemungkinan basah di bagian dalam. Bila tidak segera dibersihkan efeknya bikin bau atau apek yang berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanan.

Membersihkan helm yang basah karena hujan sebenarnya bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu ke jasa pencucian helm. Namun begitu ada berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Caranya, seperti dijelaskan dalam artikel di website resmi Suzuki Indomobil Sales, yaitu dengan mengelap bagian luar helm menggunakan kain microfiber. Kain jenis ini dikenal tak bikin lecet permukaan helm yang licin.


Setelah itu bagian yang dibersihkan adalah kaca penutup (visor) juga menggunakan kain microfiber. Pastikan sela-sela kecil dan lapisan karet terusap kain agar sisa air tak menimbulkan embun yang mengganggu penglihatan.

Kemudian buat mengeringkan busa disarankan menggunakan kipas angin. Jika busa bisa dicopot itu lebih baik, namun bila tidak kipas angin bisa diarahkan ke lubang helm.

Membersihkan dengan cara diangin-anginkan seperti ini dikatakan tidak bisa buru-buru karena hasilnya tidak akan maksimal. Selain itu tidak disarankan memakai pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan busa helm lantaran bisa merusak.

Langkah penyelesaian membersihkan helm yaitu menyemprot bagian interior menggunakan cairan antibakteri khusus buat menghilangkan bau apek.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK