LAPAN soal Obat Rendaman Meteor di Lampung: Tak Berkhasiat

CNN Indonesia | Selasa, 02/02/2021 21:10 WIB
LAPAN merespons warga Lampung yang menjadikan batu meteor sebagai rendaman air untuk kebutuhan obat. Ilustrasi batu meteor. ( iStockphoto/dottedhippo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan batu meteorit tidak mengandung khasiat tertentu. Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan batu meteorit secara umum sama dengan batuan di Bumi.

"Secara umum batu meteorit sama dengan batuan di Bumi," ujar Thomas kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/2).

Thomas menuturkan batu meteorit tidak mengandung racun dan tidak mengandung radiasi. Selain itu, batu meteorit tidak memiliki khasiat tertentu.


Terkait dengan hal itu, Thomas meminta masyarakat berpikir rasional dalam menilai manfaat medis dari batu meteorit. Dia khawatir ada dampak negatif jika batu meteorit diyakini memiliki khasiat.

"Masyarakat perlu berpikir rasional dalam memperlakukan batu meteorit untuk menghindari dampak negatif dari kegiatan-kegiatan terkait dengan batu meteorit tersebut, apalagi dalam kondisi pandemi saat ini," ujarnya.

Peneliti LAPAN, Rhorom Priyatikanto menjelaskan pada umumnya kandungan utama meteor adalah silikat, besi, dan magnesium. Namun, dia mengaku tidak dapat mengetahui berapa persen kelimpahan meteorit sebelum diuji di laboratorium petrografi atau sejenisnya.

"Terdapat kandungan isotop atau zat radioaktif seperti Iridium dan Berilium dengan jumlah yang amat sedikit," ujar Rhorom kepada CNNIndonesia.com.

Rhorom mengaku kurang mengetahui sejauh apa efek batu meteorit terhadap tubuh. Namun, dia berkata dalam kehidupan sehari-hari orang mengenal adanya suplemen besi dan magnesium untuk tubuh.

"Tentu orang kedokteran atau farmasi yang lebih paham berapa banyak yang bisa diterima dan bermanfaat oleh tubuh. Pada prinsipnya, kelimpahan zat radioaktif meteorit tidak jauh berbeda dibandingkan batuan yang ada di Bumi. Perlu proses pengayaan supaya efek radioaktifnya kentara," ujarnya.

Terkait fenomena warga yang mempercayai air rendaman batu meteorit di Lampung berkhasiat, Rhorom meminta untuk berpikir dan bertindak secara logis supaya tidak berimbas buruk nantinya.

"Silakan berkonsultasi pada dokter atau pakar yang sesuai untuk mengetahui suplemen apa yang baik untuk tubuh. Saya kira seduhan kunyit lebih bermanfaat untuk tubuh ketimbang air celupan meteorit," ujar Rhorom.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK