Segudang Fitur Yamaha Nmax VVA Jegal Honda PCX 160 di RI

CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 14:33 WIB
Honda PCX 160 bakal meluncur di Indonesia pada 5 Februari 2021, model baru ini bakal memanaskan persaingan skutik 150 cc bersama Yamaha Nmax. Yamaha Nmax. Foto: CNNIndonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kompetisi pada pasar skuter matic kelas 150 cc di Indonesia bakal makin ketat lantaran model terlaris Yamaha Nmax bakal kedatangan pembaruan Honda PCX 160. Sang penantang sudah berbenah dan bisa jadi ancaman.

PCX 160 yang kabarnya akan diluncurkan pada 5 Februari di Indonesia sudah dilengkapi dengan berbagai perubahan. Hal utama yang menjadi sorotan adalah mesinnya kini 156 cc KF47E, 1-silinder SOHC, 4 katup, berpendingin cairan.

Mesin itu bertenaga 15,5 hp dan torsi 15 Nm, lebih besar dari catatan performa Nmax yakni 15,1 hp dan torsi 13,9 Nm.


Selain itu Honda juga sudah mengubah desain rangka semakin ringan, meluaskan bagasi menjadi 30 liter, memperbesar ukuran ban, dan menambah Honda Selectable Torque Control (HSTC) agar ban belakang tidak selip.

2021 Honda PCX160Honda PCX 160. (hondanews.com)

Spesifikasi Nmax

Yamaha sebetulnya sudah menyegarkan desain Nmax pada Desember 2019. Desain baru meliputi fitur Y-Connect yang menghubungkan ponsel pengendara dengan motor via bluetooth.

Fitur ini membuat pengguna mendapatkan informasi terkait kondisi motor dan data berkendara secara digital.

Selain itu Y-Connect juga menyediakan notifikasi panggilan dan pesan yang ditampilkan ke panel speedometer, informasi mengenai kondisi aki dan oli mesin, notifikasi malfungsi motor, dan lokasi parkir terakhir.

Kontrol Traksi dan ABS

PCX 160 punya HSTC, sedangkan Nmax terbaru lebih dahulu memiliki fitur serupa yakni Traction Control System (TCS). Selain itu Nmax juga punya sistem pengereman Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS).

Mesin 155 cc

Nmax menggunakan mesin 155 cc blue core berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Motor ini juga membawa teknologi Smart Motor Generator (SMG) sehingga starter mesin menjadi lebih halus, serta Stop & Start System (SSS) untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.

Suspensi Belakang Tabung

Nmax baru juga dilengkapi rear sub-tank pada suspensi belakang yang punya dua pengaturan pre-load. Stelan preload ini memungkinkan pengendara menyesuaikan tingkat peredaman suspensi untuk berkendara sendiri maupun berboncengan atau ketika membawa beban berat.

Fitur lainnya yakni Handle Bar Switch Control yang berfungsi mengganti tampilan multi information display pada speedometer untuk mengetahui beragam informasi terkait motor.

Fitur ini terletak pada bagian depan kiri stang sehingga mudah untuk dioperasikaan oleh pengguna saat sedang berkendara. Nmax saat ini dipasarkan mulai Rp29,75 juta hingga Rp33,75 juta on the road Jakarta.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK